androidvodic.com

Selama 15 Menit Sungai di Klaten Berwarna Merah, Kepala Desa Cari Tahu Penyebabnya - News

News, KLATEN - Saluran irigasi yang melintas di Desa Bulan dan Desa Ngreden Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berubah warna menjadi merah pekat.

Peristiwa tersebut viral dimana-mana hingga membuat gempar jagat media sosial di Kabupaten Klaten.

Seorang warga Desa Ngreden, Wiyadi mengatakan kejadian tersebut terjadi Kamis (16/9/2021) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saya tadi lihat air berubah warna merah siang sekitar pukul 13.00. Saya kaget kok bisa air kali ini berubah warna seperti itu," ujarnya saat Tribun Jogja temui di rumahnya, di Desa Ngreden.

Baca juga: Heboh Sungai di Klaten Mendadak Berwarna Merah Layaknya Darah

Ia mengaku takut dengan berubahnya warna air di saluran irigasi tersebut karena air yang mengalir dari daerah Desa Bulan tiba-tiba berubah seperti darah.

"Saya takut, kok bisa begitu ya. Awalnya saya kira itu limbah, tapi di sekitar sini tidak ada pabrik pewarna," tambahnya.

Masih menurut Wiyadi, kejadian air saluran irigasi tersebut berubah warna menjadi merah baru pertama kali ia lihat.

"Tadi air mengalir dengan warna merah itu cukup lama, sekitar 15 menitan," katanya.

Warga di Kabupaten Klaten dihebohkan dengan penampakan air sungai di Desa Ngreden, Kecamatan Wonosari mendadak jadi merah, Kamis (16/9/2021)
Warga di Kabupaten Klaten dihebohkan dengan penampakan air sungai di Desa Ngreden, Kecamatan Wonosari mendadak jadi merah, Kamis (16/9/2021) (TribunSolo.com/Istimewa)

Terpisah Kepala Desa Ngreden, Sunarto mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi dari warga terkait berubah warnanya saluran irigasi di desa itu.

"Saya sudah menerima laporan dari warga. Ini baru pertama kali terjadi mungkin ada orang yang menyuci di sungai sehingga berefek menjadikan air sungai warna merah," ucapnya.

Menurut Sunarto, informasi yang ia terima, air saluran irigasi yang mengairi lahan persawahan di desa yang ia pimpin itu berubah warna sekitar pukul 13.00.

Baca juga: Guru Positif Covid-19, PTM di SDN Sananwetan 3 Kota Blitar Dihentikan

"Untuk langkah ke depan kami akan koordinasi dengan kepala desa tetangga untuk melakukan pengawasan dan mencari tahu penyebab air berubah warna itu," katanya.

Pantauan Tribun Jogja di saluran irigasi yang berada di Desa Bulan dan Desa Ngreden sekitar pukul 16.30, air yang sempat dilaporkan berubah warna menjadi merah tersebut sudah kembali normal

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul GEGER, Warga Wonosari Klaten Dikagetkan dengan Air Saluran Irigasi yang Berubah Merah, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat