androidvodic.com

Aksi Solidaritas Buat Gabriela yang Tewas Dibunuh KKB, Diisi Penyalaan Lilin dan Pembacaan Puisi - News

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tirza Bonyadone, Patricia Laura Bonyadone, 

News, JAYAPURA – 250 orang tenaga medis menggelar aksi bakar lilin di taman Imbi Kota Jayapura, Selasa (21/9/2021) malam.

Penyalaan lilin sebagai bentuk solidaritas pascatragedi penyerangan dan pembunuhan rekan seprofesinya di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, 13 September 2021 lalu.

Aksi bakar lilin itu juga sebagai sikap keprihatinan dan meminta keadilan.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Papua, dr Isak Tukayo mengatakan, deklarasi bentuk menolak atas tindakan kekerasan.

"Ada dua poin yakni keprihatinan terhadap aksi kekerasan, dan tmenolak kekerasan termasuk jaminan bagi tenaga kesehatan," ucapnya di Taman Imbi, Selasa (21/9/2021).

Bukan hanya perawat yang terlibat, melainkan kata isak seluruh element tenaga kesehatan pun turun langsung dalam aksi tersebut.

"Seluruh tenaga ikatan dokter dan organisasi provinsi kesehatan ikut andil dalam kegiatan ini," jelasnya.

Isak berharap agar kasus kekerasan terhadap tenaga kesejhatan tidak terjadi lagi.

Baca juga: Sempat Diserang KKB, Menko PMK Berharap Tenaga Kesehatan di Papua Tetap Bertugas

"Untuk saat ini kami belum mendapat laporan terkait dengan berapa banyak nakes yang telah dievakuasi," jawabnya.

"Hanya di distrik Kiwirok yang dievakuasi, karena tidak semua. Sedikit mengalami kesulitan juga dalam menghubungi teman-teman kami," tambahnya.

Sekadar informasi tambahan yang diperoleh Tribun-Papua.com, nantinya empat point deklarasi yang telah dipaparkan ini akan diberikan kepada gubernur dan kementrian.

Tidak hanya pembakaran lilin, sejumlah kegiatan seperti penandatangan deklarasi hingga pembacaan puisi pun dilakukan, sebagai wujud berdukacita.

Perawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ruangan VIP, Susana Jufuwal pada kesempatan tersebut membawakan puisi berjudul "Semerbak Mekar Bunga Pengabdian"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat