androidvodic.com

Warga Temukan Tulang-belulang dan Tengkorak Manusia di Pesisir Pantai Parangkusumo Bantul - News

News, BANTUL - Seorang warga menemukan tengkorak manusia di pesisir Pantai Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (21/9/2021) pagi.

Berdasarkan keterangan sementara yang dihimpun Tribun Jogja di lokasi penemuan, peristiwa itu bermula saat seorang warga sekitar sedang mencari rumput di kawasan Pantai Parangkusumo, Selasa pagi.

Tanpa sengaja warga tersebut menemukan sebuah tengkorak manusia tergeletak di atas pasir.

Selanjutnya, warga tersebut melaporkan temuan tersebut kepada tim SAR, kemudian diteruskan kepada pihak kepolisian.

Pihak kepolisian bersama tim Forensik dan Inafis melakukan penyelidikan dan penggalian.

Hasilnya, di lokasi penemuan tengkorak tersebut ternyata juga ditemukan tulang-belulang yang diduga merupakan kerangka manusia.

Belum diketahui secara pasti terkait identitas maupun jenis kelamin dari tengkorak yang ditemukan tersebut.

Pihak kepolisian dari Polsek Kretek dan tim Inafis Polres Bantul dan tim dokter Puskesmas Kretek selanjutnya melakukan penggalian di sekitar lokasi penemuan tengkorak.

Proses evakuasi temuan kerangka manusia di Pantai Parangkusumo, Bantul, Selasa (21/9/2021).
Proses evakuasi temuan kerangka manusia di Pantai Parangkusumo, Bantul, Selasa (21/9/2021). (Dok Tribun Jogja)

Setelah melakukan penggalian, teryata ditemukan kerangka diduga manusia beserta beberapa tulang-belulang yang tertimbun di dalam pasir.

Dokter dari Puskesmas Kretek dan tim Inafis pun segera melakukan pemeriksaan awal dan evakuasi tulang-belulang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanut.

Dokter dari Puskesmas Kretek, Hendri Agus Saputra, menuturkan belum bisa diketahui jenis kelamin dari kerangka yang ditemukan tersebut.

"Untuk sementara ini baru dilakukan identifikasi, belum tahu untuk jenis kelamin laki-laki atau perempuan," katanya saat diwawancara di lokasi temuan kerangka.

Baca juga: Geger Penemuan Tengkorak Manusia di Kebun Karet Langsa, Ditemukan juga Honda Beat

Terkait kerangka yang ditemukan, dr Hendri menyebut sebagian tulang dari kerangka tersebut ada yang masih utuh, namun ada juga yang sudah hilang.

"Tulang-tulangnya kalau yang gede-gede utuh, kalau yang kecil-kecil sebagian ada yang utuh, sebagian lagi sudah hilang," lanjutnya.

Pemeriksaan awal dari tim dokter tidak menemukan adanya tanda-tanda penganiayaan dari tengkorak yang ditemukan.

"Untuk perkiraan pastinya, nanti akan ada pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Penjelasan Dokter Terkait Pemeriksaan Awal Temuan Tengkorak dan Kerangka Manusia di Parangkusumo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat