androidvodic.com

Warga di Kawasan Lembang Bandung Patok Tarif Parkir Rp 150 Ribu, Begini Sikap Pemkab - News

News, BANDUNG BARAT- Pungutan liar parkir di Kawasan Wisata Lembang, Bandung Jawa Barat viral di media sosial.

Warga mematok tarif parkir yang sangat mahal yakni Rp 150 ribu. Ternyata kejadian tersebut bukan lah yang pertama.

"Bisa jadi wisatawan kapok enggak mau datang lagi. Dulu sempat ada, sekarang ada lagi tarif parkir mahal, itu merugikan sekali pastinya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, Heri Partono, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Polisi Tangkap 3 Juru Parkir yang Patok Tarif Rp 150 Ribu di Kawasan Lembang Bandung

Diparbud akan berkomunikasi dengan pihak Desa Gudangkahuripan yang menjadi lokasi kejadian tersebut, termasuk dengan Dinas Perhubungan selaku dinas yang berwenang mengelola parkir.

"Nanti biar mereka yang menindaklanjuti, kalau kita kan hanya terkait etika pariwisata saja. Nanti akan komunikasi juga ke pihak desa kenapa bisa sampai seperti itu," kata Heri.

Heri mengatakan, keberadaan parkir liar yang dikelola warga tersebut tidak diketahui dan bukan kewenangan pihak pengelola objek wisata.

Baca juga: Duel Maut Berujung Tewasnya Juru Parkir, Lawannya Amran Dirawat Intensif di RS

"Kalau dengan pengelola sudah komunikasi tapi, kan, ini warga dan pihak desa jadi biasanya pengelola juga enggak tahu ada kebijakan oleh warga itu," ucapnya.

Sebelumnya, Kanit Reskrim Polsek Lembang, Ipda Yana Suryana, mengatakan, aksi pungutan liar berupa tarif parkir Rp 150 ribu itu bermula ketika dua rombongan bus dari luar daerah hendak berwisata ke objek wisata Farm House Lembang pada pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Hendak Parkir, Mobil Wisatawan Terjun ke Jurang Sedalam 30 Meter, Pengemudi Tewas

"Tapi saat itu tempat parkirnya (Farm House) penuh, kemudian mereka ada yang menggiring ke lahan kosong, dan parkirlah di sana," ujarnya saat saat ditemui di Mapolsek Lembang, Senin (11/10/2021).

Kemudian sekitar pukul 17.00 WIB, kata Yana, rombongan tersebut selesai menikmati objek wisata dan hendak melanjutkan perjalanan.

Namun pengelola bus pariwisata itu kaget ketika petugas parkir menyodorkan tarifnya yang sangat mahal.

"Sempat ada aksi tawar-menawar tapi dari pihak bus menyerah dan menyerahkan uang Rp 150 ribu," kata Yana.

Penulis: Hilman Kamaludin

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Viral Tarif Parkir Liar di Lembang Bandung Rp 150 Ribu Per Kendaraan, Ini Respons Pemkab

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat