androidvodic.com

Kepala BNPB Sebut Evakuasi Korban dan Kelompok Rentan Jadi Prioritas Penanganan Gempa Karangasem - News

Laporan Wartawan News, Reza Deni

News, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito turun langsung ke wilayah terdampak gempa paling parah di Karangasem, Bali, Minggu (17/10/2021).

Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem diketahui menjadi wilayah paling parah terdampak gempa berkekuatan 4.8 SR yang terjadi pada Sabtu, (16/10/2021) kemarin.

Kehadiran Ganip turun langsung ke lokasi gempa untuk memastikan penanganan gempa di Karangasem, Bangli, dan wilayah terdampak lainnya ditangani dengan baik.

Kehadiran Ganip sekaligus memberikan bantuan untuk para korban terdampak di wilayah Karangasem antara lain 20 tenda keluarga, 60 paket makanan siap saji, 443 paket lauk pauk, dan 153 paket makanan tambahan gizi. Bantuan dengan jenis dan jumlah serupa juga diberikan untuk korban di wilayah Bangli.

Baca juga: Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Bali, Kepala BNPB Pastikan Kebutuhan Dasar Korban Terpenuhi

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meninjau langsung ke wilayah terdampak gempa di Karangasem, Bali, Minggu (17/10/2021). Kehadiran Ganip untuk memastikan penanganan gempa di Karangasem, Bangli dan wilayah terdampak lainnya ditangani dengan baik.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meninjau langsung ke wilayah terdampak gempa di Karangasem, Bali, Minggu (17/10/2021). Kehadiran Ganip untuk memastikan penanganan gempa di Karangasem, Bangli dan wilayah terdampak lainnya ditangani dengan baik. (Dokumentasi BNPB)

Ganip menginstruksikan kepala daerah setempat dan pihak terkait untuk terus melakukan evakuasi para korban.

Sesuai arahan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, menurutnya pencarian dan penyelamatan korban masih terus dilakukan.

"Prioritas tanggap darurat sesuai arahan Wakil Presiden yaitu pencarian dan penyelamatan korban. Upaya ini dipimpin oleh Basarnas dengan dukungan TNI, Polri, BPBD, serta relawan," ucap Ganip dalam keterangan yang diterima, Minggu (17/10/2021).

Pihaknya memastikan akan terus memantau  jumlah korban, baik yang meninggal maupun yang luka-luka, serta jumlah kerusakan mulai dari rumah, sekolah, dan fasilitas umum.

Selain itu, Ganip menyebut penanganan prioritas terhadap kelompok rentan juga menjadi perhatian seperti lansia, ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita, serta kelompok disabilitas.

"Untuk penanganan pengungsi dan korban gempa, harus dipastikan ketersediaan logistik, tenda, makanan, terutama makanan untuk bayi, ibu hamil dan lansia. Juga obat-obatan, pasokan air dan MCK," ujarnya.

Hal lain juga ditekankan Ganip kepada kepala daerah dan jajarannya adalah menyangkut perbaikan infrastruktur, terutama perbaikan jalan untuk segera diselesaikan.

Dia juga meminta agar masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dan selalu waspada kemungkinan adanya potensi gempa bumi susulan, juga potensi longsor mengingat kawasan terdampak saat ini mungkin masih labil.

Guna menghindari adanya informasi tidak benar, masyarakat diminta mengakses informasi dari pihak-pihak berwenang seperti BNPB dan BPBD setempat serta BMKG.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat