androidvodic.com

Gubernur Sumatera Barat Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Pembangunan Berkelanjutan - News

News, JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengajak masyarakat untuk menjadi pahlawan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan tujuan SDGs.

Hal ini diungkapkan oleh Mahyeldi pada Forum SDGs Sumatera Barat 2021 pada Rabu, 10 November 2021.

"Kita perlu lebih banyak pahlawan pembangunan berkelanjutan untuk bekerja bersama-sama untuk membangun dan memulihkan kembali Sumatera Barat paska pandemi," kata Mahyeldi.

SDGs, menurut Mahyeldi, telah menjadi komitmen global dan cetak biru pembangunan untuk menciptakan masa depan berkelanjutan bagi semua.

Termasuk di dalam SDGs adalah upaya mengentaskan kemiskinan, peningkatan akses pendidikan berkualitas, pelestarian lingkungan.

Serta upaya mencegah dampak perubahan iklim, dan mendorong perdamaian dan kerjasama untuk pembangunan berkelanjutan.

"Kita tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri. Pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat ayo semua bergerak," ujar Mahyeldi.

Baca juga: Sambut Indonesia G-20, Gerakan Koperasi akan Bersuara tentang SDGs dan Perubahaan Iklim

Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi yang aktif berperan dalam pencapaian SDGs di Indonesia, salah satunya melalui Peraturan Gubernur No. 49 tahun 2018 yang mengatur penyusunan rencana aksi daerah yang menjadi arah kebijakan pembangunan berkelanjutan.

Sumatera Barat berhasil menurunkan angka pengangguran terbuka sebanyak 0,28 persen dari 5,66 persen pada 2018 menjadi 5,38 persen pada 2019.

Namun pandemi Covid-19 menghambat dan membalikkan pencapaian SDGs di seluruh dunia termasuk di Sumatera Barat.

Angka pengangguran terbuka kembali meroket menjadi 6,88 persen pada 2020 menurut data BPS Sumatra Barat.

Pada forum tersebut, Mahyeldi, SP  memberikan penghargaan kepada 15 organisasi masyarakat yang telah berkontribusi dan menjadi pahlawan pembangunan berkelanjutan di Sumatera Barat.

Pemprov Sumatera Barat juga melakukan penandatanganan komitmen untuk menjadi pahlawan pembangunan berkelanjutan.

Kepala Sekretariat Nasional SDGs Vivi Yuliswaty yang hadir mewakili Menteri PPN/Bappenas dalam paparannya mengatakan saat ini memasuki masa decade of action untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs.

"Karenanya kita butuh lebih banyak inisiatif seperti forum ini untuk menggerakan kolaborasi antar pemerintah dan non pemerintah untuk bersama-sama mempercepat pencapaian SDGs di setiap daerah di Indonesia," ucap Vivi.

Forum SDGs Sumatera Barat 2021 diprakarsai Pemerintah Provinsi Sumatera Barat atas kerjasama dengan SDGs Center Universitas Andalas dan didukung oleh Pemerintah Jerman melalui proyek Strengthening Capacities for Policy Planning for the Implementation of the 2030 Agenda in Indonesia and in the Global South (SDGs SSTC) yang diimplementasikan oleh GIZ.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat