androidvodic.com

Sempat Bikin Heboh Warga, Ternyata Ini Pemicu Air Sungai Jadi Berwarna Merah di Langsa Barat - News

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Zubir

News, LANGSA - Air sungai di Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Barat berubah warna jadi merah, Kamis (11/11/2021) sore.

Ternyata yang memicu warna merah adalah  limbah pewarna yang dibuang oknum masyarakat ke saluran. 

Cairan limbah warna merah itu dibuang saat ke saluran induk Jalan TM Bahrum, sehingga cairan tersebut mengalir dan mengotori air di sungai Gampong Simpang Lhee.

Saat itu oknum warga mencuci berapa tong besar di salah satu Dorsmeer yang berada Jalan TM Bahrum, Gampong Kaya Bujok Seleumak, persisnya di dekat saluran Jalan TM Bahrum.

"Sudah diketahui penyebab berubahnya warna air di sungai Gampong Simpang Lhee ini, rupanya ada warga di dorsmeer membersihkan tong besar yang di dalamnya ada cairan warna merah kental," ujar Kadis Lingkungan Hidup Kota Langsa, Ridwanullah, Jumat (12/11/2021) pagi ini.

Baca juga: Polisi Tetapkan 2 Tersangka Kasus Prostitusi Online di Langsa Aceh, Ini Perannya

Dalam tong itu ada bekas cairan berwarna merah yang belum diketahui jenis apa, saat itu oleh oknum warga langsung dibuangnya ke saluran Jalan TM Bahrum. 

Sedangkan saluran Jalan TM Bahrum merupakan saluran induk yang air mengalir muara sungai Gampong Simpang Lhee, sehingga air di sungai itu langsung berubah menjadi merah. 

"Pemilik dorsmeer di Jalan TM Bahrum dimana tempat dicucinya tong besar yang ada cairan merah itu, Kamis malam itu sudah diamankan ke Polres Langsa untuk dimintai keterangan," paparya. 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Langsa, Jumat (12/11/2021) juga mengambil sampel air sungai di Gampong Simpang Lhee tersebut.

 "Kami akan mengambil sample airnya. Informasinya air juga sudah sudah agak normal," kata Kepala DLH Kota Langsa, Ridwanullah, SSTP, MSP, kepada Serambinews.com.

Sebelumnya dilaporkan, air sungai di sekitar Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Barat, Kamis (11/11/2021) tiba-tiba berubah warna menjadi merah membuat heboh warga sekitar.

Sebagian warga memposting baik foto dan vidio air memerah itu di laman facebook maupun dibagikan di group-group whatsApp.

Keuchik Gampong Simpang Lhee, Ismail mengatakan, air sungai sangat jelas mengental berwarna merah muda, namun kemudian warnanya sudah mulai kembali normal.

"Air sungai sangat kental berwarna merah menurut warga memasuki pukul 17.30 WIB - 18.00 WIB, setelah itu mulai memudar dan pukul 20.00 WIB warna air sungai normal," sebutnya.

Ismail menambahkan, alur sungai yang airnya sempat memerah itu merupakan aliran pembuangan air dari arah Jalan TM Bahrum.Me

Menurut Ismail, kejadian serupa sudah berapa kali terjadi di alur sungai sekitar Gampong Simpang Lhee tersebut.

Akan tetapi kejadian terbaru ini adalah yang terparah. "Berapa kali kejadian serupa pada waktu sebelumnya, air juga memerah, tapi tidak sekental hari ini," katanya

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Sempat Heboh, Ternyata Ini Penyebab Air Sungai di Langsa Memerah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat