androidvodic.com

FAKTA-FAKTA Keindahan Sirkuit Mandalika di NTB, Pengunjung Dimanjakan Wisata Pantai hingga Desa Adat - News

News - Baru saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).

Sirkuit berstandar internasional tersebut memang telah dipersiapkan sedemikian rupa untuk acara-acara besar kelas dunia, di antaranya World Superbike Mandalika 2021 serta MotoGP Mandalika 2022.

Sirkuit yang resminya bernama Sirkuit Pertamina Mandalika ini dibangun bersamaan dengan potensi wisata di sekitarnya, sehingga menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Biaya pembangunan didapatkan dari investasi yang digelontorkan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), pinjaman, dan sebagian dari penyertaan modal mandiri (PNM) untuk pengembangan wisata.

Secara visual Sirkuit Mandalika ini dinilai memiliki keindahan tersendiri.

Lantas, berikut fakta-fakta keindahan Sirkuit Mandalika, dikutip Tribunnews dari beberapa sumber:

1. Pemandangan Pantai

SIRKUIT MANDALIKA: Penampakan terbaru Pertamina Mandalika International Street Circuit dengan berbagai fasilias pendukung yang tengah dibangun, Selasa (26/10/2021). (Dok. ITDC)
SIRKUIT MANDALIKA: Penampakan terbaru Pertamina Mandalika International Street Circuit dengan berbagai fasilias pendukung yang tengah dibangun, Selasa (26/10/2021). (Dok. ITDC) ()

Construction Enhancement Head The Mandalika, Aris Joko Santoso menjelaskan Sirkuit Mandalika dibangun dengan sirkuit jalanan sepanjang 4,3 kilometer (km).

Baca juga: Warga Lombok Bangga Bisa Nonton Langsung di Sirkuit Pertamina Mandalika

Memiliki 17 tikungan di antara beberapa bukit dalam kawasan.

Sirkuit internasional ini terhubung ke enam pantai dengan garis pantai sepanjang 16 kilometer.

Dikutip dari Kompas.com, bagi para pengunjung dapat menikmati sejumlah wisata pantai di sekitar Sirkuit Mandalika, termasuk Pantai Kuta Lombok.

“Wisatawan sering berkunjung ke semua pantai, mereka suka semuanya. Tapi sentral (yang paling ramai) di Pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lombok Tengah Lendek Jayadi.

2. Ornamen Unik di Tikungan 16

SIRKUIT MANDALIKA: Foto-foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021).
SIRKUIT MANDALIKA: Foto-foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). ()

Sirkuit Mandalika benar-benar dipermak menjadi salah satu lintasan balap terindah di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat