androidvodic.com

Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji Larang Peringatan HUT OPM: Silakan Demo di Istana Presiden - News

News, MERAUKE - Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji melarang semua warga menggelar peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM)pada 1 Desember 2021 di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

“Kalau mereka (OPM, Red) ingin melakukan peringatan HUT OPM jangan di sini(Merauke, red). Lakukan di tempat lain atau demo di Istana presiden. Karena pimpinan kita ada di Jakarta,” tegas Kapolres didampingi Kasat Reskrim Polres Merauke, AKP Najamuddin dan anggota di Jalan Martadinata Merauke, Selasa (30/11/2021).

AKBP Untung Sangaji mengatakan, Merauke merupakan zona damai, miniatur Indonesia yang damai. Tidak suka ribut-ribut sehingga kamtibmas berjalan baik dan situasi berlangsung kondusif.

“Kalau ingin ribut di sini akan berhadapan dengan TNI - Polri dan kelompok masyarakat banyak,” terangnya.

Baca juga: Hari Ini HUT OPM Papua, Polri Cegah Potensi Gangguan Keamanan

Kapolres mengakui, TNI - Polri telah menjamin keamanan di Bumi Anim ha, sehingga presiden dan Kapolri merasakan situasi aman dan tertib yang terwujud ketika berkunjung ke ujung timur Indonesia.

Bila ada aksi rapat gelap, doa bersama dan pengibaran bendera Bintang kejora di wilayah Merauke tentu akan ditindak tegas.

Baca juga: 1 Desember HUT OPM, Kapolda Papua Barat: Kita Tetap Jaga

AKBP Untung Sangaji menceritakan sejarah ratusan tahun lalu bahwa Ibu Kota Papua ada Sowasiu dipimpin seorang raja Kesultanan Tidore.

“Panglima perang Tidore saat itu marganya sama dengan saya, Sangaji. Ratusan tahun sebelum kita lahir, pemerintah Sultan Tidore telah membangun masyarakatnya di seluruh Papua sampai Selat Malaka. Yang ingin merdeka, pigi di tempat lain jangan di sini, Merauke,” ungkapnya.

Baca juga: Pakai Pendekatan Kultural, Bupati Intan Jaya Terus Dekati Kelompok TPN-OPM 

Kapolres menambahkan, TNI - Polri mendukung kebijakan Bupati Merauke sepenuhnya dalam menyelenggarakan pembangunan. (Penulis: Hidayatillah)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Ancaman AKBP Untung Sangaji bagi Warga yang Gelar HUT OPM di Tanah Merauke Bikin Merinding

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat