androidvodic.com

Viral Video Beton Raksasa Penyangga Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibongkar Timpa Ekskavator - News

Laporan Kontributor Tribun Jabar, Irvan Maulana

News, PURWAKARTA - Video pembongkaran tiang beton raksasa mega proyek nasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dibongkar viral di media sosial.

Beton raksasa penyangga jalur kereta api cepat dibongkar diduga karena tidak sesuai prosedur.

Dalam video terlihat runtuhan beton menimpa dua ekskavator yang digunakan untuk membongkar pier tersebut.

Menanggapi viralnya video tersebut, Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pohaknya tidak mentolelir kelalaian yang dilakukan oleh kontraktor atas insiden tersebut.

"PT KCIC tidak mentolelir adanya kontruksi yang melebihi dari tolenrasi yang dipersyaratkan," ujar Dwiyana melalui rilis tertulisnya, Rabu (8/12/2021).

Pembongkaran pier dilakukan karena tim quality PT KCIC dan konsultan supervisi CDJO menemukan pergeseran alignment pekerjaan pier di DK46 yang berlokasi di Telukjambe, Kabupaten Karawang.

Sehingga konsultan supervisi mengintruksikan agar kontraktor melakukan rework pembongkaran pier DK46 untuk dibangun ulang sesuai spesifikasi teknis yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Jokowi Nilai Perlunya Pelayanan Investasi yang Cepat dan Efisien Tanpa Ongkos Khusus

Peristiwa pembongkaran tersebut diketahui dilakukan pada Minggu, 5 Desember 2021.

Pascakejadian tersebut, PT KCIC telah memanggil dan menegur langsung pihak kontraktor agar tak mengulangi kejadian serupa.

"Saat melakukan rework pembongkaran pier kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP, sehingga pier menimpa ekcavator yang digunakan. Kami langsung memanggil pihak kontraktor agar pekerjaan dilakukan sesuai SOP yang sudah ditetapkan oleh Tim Engineering dan SSHE agar kejadian serupa tidak terulang," kata dia.

Dengan adanya kejadian tersebut, Manager Advokasi dan Kampanye Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat Wahyudin Iwank juga menyoroti kelalaian SOP mega proyek nasional tersebut.

"Seharusnya mereka menjalankan K3 dengan baik. Jika melihat dari kasat mata Vidio tersebut mereka seolah tidak mempertimbangkan resiko yang memungkinkan bisa menyebabkan celaka bagi mereka yang sedang bekerja," ujar Iwank melalui pesan tertulis, Kamis (9/12/2021).

Dengan adanya pembongkaran ulang, Iwank menilai, pemerintah harus melakukan audit terhadap mega proyek nasional tersebut.

Baca juga: Diperluas di 7 Provinsi, Cek BSU Rp 1 Juta di bsu.kemnaker.go.id, WA 081380070175 atau Telepon

"Jika bangunan yang di buat tidak memenuhi standar dalam kontrak atau spesipikasi yang telah di tentukan seharusnya ada audit kenapa hal tersebut terjadi," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Momen Tiang Beton Raksasa Penyangga Jalur Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Dibongkar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat