androidvodic.com

Pemkab Lumajang Percepat Pembangunan Hunian Sementara Bagi Korban Erupsi Gunung Semeru - News

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

News, LUMAJANG - Pemerintah Kabupaten Lumajang mempercepat pembangunan hunian sementara (huntara) bagi korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

Saat ini tengah dilakukan pengerjaan pemadatan tanah lahan relokasi hunian baru untuk penyintas erupsi Gunung Semeru di kawasan Perhutani, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Sejumlah anggota TNI Angkatan Darat dari satuan Zoni Tempur terus bekerja lembur setiap harinya.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, lahan relokasi di sana disiapkan 81 hektare.

Selanjutnya, 2.975 hunian sementara (huntara) akan dibangun secara bertahap. Hingga sekarang sudah sekitar 25 hektare lahan yang sudah dilakukan pemadatan tanah.

"Target kami besok atau lusa sudah 40 hektare. Sehingga dari lahan 40 hektare itu sudah ada beberapa lahan yang bisa dimulai untuk mendirikan huntara (hunian sementara)," kata Bupati Thoriqul Haq, Kamis (23/12/2021).

Bupati Thoriqul Haq menjelaskan, setelah huntara berdiri, pihaknya akan menggarap pembangunan hunian tetap.

Huntara dibangun lebih dulu, tujuannya agar penyintas erupsi Gunung Semeru bisa segera meninggalkan posko pengungsian, sebelum bangunan rumah permanen selesai didirikan.

"Kami berkeinginan secepatnya masyarakat di pengungsian itu bisa segera pindah di huntara," ujarnya.

Proses pembangunan huntara diperkirakan memakan waktu selama 2 bulan.

Baca juga: Mengintip Aksi Askar Kauny di Semeru, Turunkan Tim SAR untuk Bantu Evakuasi Hingga Recovery

Sementara dana pembangunan huntara berasal dari para donatur.

Untuk mempercepat pembangunan huntara, Pemkab Lumajang membuka kesempatan kepada pihak lain untuk turut membangun huntara.

"Saya juga ingin menyampaikan kepada masyarakat bila yang berkeinginan membantu pembangunan huntara, silakan. Kami sudah ada konsepnya, sudah terencana, anggarannya juga sudah kita putuskan per 1 unit Rp 10 juta," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Pemadatan Lahan Relokasi Penyintas Erupsi Gunung Semeru Terus Dikebut, Huntara Segera Dibangun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat