androidvodic.com

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Siap Bangun Kodam, Pangkalan Udara dan Laut di IKN Nusantara - News

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Mohammad Zein Rahmatullah 

News, KALIMANTAN TIMUR - Komando Daerah Militer atau Kodam baru akan berdiri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan ada sejumlah fasilitas militer yang akan dibangun, seperti pangkalan udara dan pangkalan laut yakni seluas kisaran 2.700 hektar.

"Kalau misalnya masih ada ruang, kami akan menghadirkan personil tambahan ini dengan satuan-satuannya dengan alutsista, kami akan mengajukan penambahan personel kepada Menteri Pertahanan," ujar Andika.

Adapun penambahan kekuatan, lanjut Andika, diperkirakan sekira 30-50 ribu personel yang terdiri dari gabungan angkatan, baik darat, laut, dan udara.

Puluhan ribu personel itu, kata Andika, bukan diambil dari rekrutmen baru melainkan diambil dari seluruh satuan TNI di Indonesia.

Sepanjang pembangunan atau proses realisasi IKN, di samping dalam penanganan Kodam VI Mulawarman ia akan menujuk personel dalam rangka penugasan khusus.

"Nanti akan ada penugasan di fokus konstruksi di dalam kawasan inti pusat pemerintahan, itu sudah nggak bisa menunggu," imbuhnya.

Baca juga: Viral Penampakan Lokasi Tempat Presiden Jokowi akan Berkemah di Titik Nol Ibu Kota Negara Nusantara

Apa saja yang ada di IKN?

Ketua DPR RI, Puan Maharani berkunju ke lokasi IKN Nusantara hari ini, Rabu 16 Februari 2022.

Puan Maharani mengunjungi titik nol IKN bersama dengan Panglima TNI, Andika Perkasa dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian serta Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono.

Apa saja yang baru di kawasan titik nol IKN ini?

Ketua DPR RI, Puan Maharani sempat menyinggung konsep Smart and Green City serta akan berbeda dengan DKI Jakarta.

Baca juga: Jokowi Mau Berkemah di Titik Nol Ibu Kota Negara Sambil Menemui Tokoh Adat Kaltim

Berapa luasan lahan di kawasan IKN dan berapa luas areal hijau? 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat