androidvodic.com

Harga Minyak Goreng di Ciamis Sudah Turun, Namun Stoknya Masih Minim - News

News, CIAMIS – Harga minyak goreng curah di Pasar Manis Ciamis mulai mengalami penurunan dari Rp 21.000/kg di tingkat grosir kini hanya Rp 13.500/kg.

Namun, persoalan belum selesai sampai di situ. Pasalnya stok minyak goreng curah masih minim dan cenderung sulit didapatkan masyarakat.

“Harga memang sudah turun, harga subsidi, yakni Rp 13.500/kg. Tapi yang menjadi masalah, stok yang dikirim masih terbatas. Saya hanya dapat 1 drum per hari,” ujar Hj Heni, kios grosir kelontongan dan minyak goreng di Blok A Pasar Manis Ciamis kepada Tribun Minggu (20/2/2022).

Baca juga: Polri Minta Segera Didistribusikan 1,1 Juta Kg Minyak Goreng di Sumatera Utara

Satu drum minyak goreng curah (umum disebut lisah atau minyak sayur) tersebut berkapasitas 180 kg setiap hari ludes terjual.

“Dalam satu jam sudah habis terjual. Pembeli dijatah hanya maksimal 2 kg per orang,” katanya.

Pembeli umumnya adalah pemilik warung eceran di kampung-kampung dan ada juga ibu rumah tangga.

“Karena pembelinya sebagian besar adalah pelanggan, umumnya pesan dulu. Jadi datang ke pasar tinggal ngambil. Mau antri juga boleh,” ujar Hj Heni.

Harga minyak goreng curah dipatok dengan harga Rp 13.500/kg di tingkat grosir tersebut karena tidak mungkin bisa mengikuti patokan pemerintah yakni HET Rp 11.500/liter.

“Tidak mungkin bisa dengan patokan pemerintah. Karena di tingkat agen distributornya sendiri sudah lebih dari Rp 11.500/liter,” ujar Heni.

Baca juga: Puluhan Emak-emak di Koja Jadi Korban Penipuan Minyak Goreng Murah, Kerugian Hingga Rp 400 Juta

Terlebih untuk melayani pelanggan dari warung-warung eceran, katanya, tentu minyak curahnya perlu dikemas dulu.

Dikemas ke dalam kantong plastik kapasitas eceran ½ kg maupun ¼ kg sesuai dengan kebutuhan pembeli ke warung.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Di Ciamis Pasokan 180 Kg Minyak Goreng Ludes Hanya Dalam 1 Jam, Harga Sudah Jauh Lebih Murah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat