androidvodic.com

Operasi Pasar Minyak Goreng Murah di Malang: Warga Antre Sejak Pagi - News

News, MALANG - Operasi pasar minyak goreng murah di GOR Ken Arok, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang, Jawa Timur mendapatkan antusiasme dari warga sekitar, Rabu (23/2/2022).

Sejak dibuka pada pukul 09.00 WIB, warga langsung menyerbu untuk mengantre minyak goreng murah.

Meski diserbu warga, dalam operasi pasar kali ini tidak begitu terlihat antrean panjang dan kerumunan dari warga.

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang menyediakan 3.000 liter minyak goreng bagi 1.500 warga.

Baca juga: Operasi Pasar Minyak Goreng di Lampung Ricuh, Ibu Rumah Tangga Pingsan, Penjarahan Tak Terhindarkan

Warga hanya mendapatkan masing-masing 2 liter minyak goreng kemasan premium dengan harga Rp 28.000, sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang per liternya Rp 14.000.

"Syaratnya warga harus membawa KTP dan kupon yang telah diberikan oleh Kecamatan Kedungkandang. Jadi hanya warga yang mendapatkan kupon yang berhak mendapatkan minyak goreng ini," ucap Analis Perdagangan, Diskopindag Kota Malang, Luh Putu Eka Wilantari.

Dalam operasi pasar ini, Diskopindag Kota Malang membagi pendistribusian minyak goreng di dua area.

Hal ini dilakukan, guna menghindari adanya kerumunan, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Petugas PPSU Duel Lawan 4 Begal di Kelapa Gading, Telapak Tangan Kena Bacok, Harus Dioperasi

Selain itu, pembelian minyak goreng murah ini juga boleh diwakilkan, asalkan warga tersebut membawa kupon dan foto copy KTP warga yang sudah terdaftar.

"Mekanisme pembagian kupon ini dilakukan oleh Kecamatan. Kecamatan yang memutuskan, wilayah kelurahan mana saja yang warganya kesulitan minyak goreng," ujarnya.

Eka menambahkan, bahwa tujuan digelarnya operasi pasar ini didasari karena pendistribusian minyak goreng satu harga masih belum maksimal.

Ke depan, Diskopindag akan kembali melakukan operasi pasar minyak goreng murah ini untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Baca juga: Gelar Operasi Pasar, Kemendag Pasok Minyak Goreng Murah di Surabaya Selama Sepekan

Rencananya, pada Kamis (24/2/2022) besok, operasi pasar minyak goreng murah akan dilakukan di Kelurahan Tanjungrejo, Sukun, Kota Malang.

"Sebenarnya stok minyak goreng masih aman. Hanya pendistribusian saja yang kurang maksimal. Masyarakat juga panik buying seolah ketakutan dengan kelangkaan minyak. Jadi belilah minyak goreng ini sesuai kebutuhan. Gak perlu menimbun supaya tetap kondusif," tandasnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul Warga Kota Malang Serbu Operasi Pasar Minyak Goreng Murah Rp 14 Ribu di GOR Ken Arok

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat