androidvodic.com

PROFIL GPH Bhre Cakrahutomo, Sosok KGPAA Mangkunegara X yang Gantikan Ayahnya - News

News - Berikut profil dari Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang menjadi penerus tahta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

Laporan Tribun Solo, Jumenengan Dalem dilaksanakan hari ini Sabtu (12/3/2022) pada pukul 10.00 SIB usai KGPAA Mangkunegara X dikukuhkan secara langsung oleh Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Kemudian, setelah pengukuhan dan penyematan pusaka keris, Kanjeng Kyai Wangkingan kepada KGPAA Mangkunegara X, dilanjutkan membacakan Prasetyo yang memuat janji dan Sabda Dalem.

Setelah Mangkunegara X membacakan Sabda Dalem, dilakukan pembacaan doa oleh KH Muhamad Toha Mustofa Al Hafidz.

Baca juga: Tahta Mangkunegaran Solo, Muncul Dukungan Paundra Jadi Raja, Bhre Jadi Perdana Menteri

Baca juga: KPK Periksa Ibu RT Hingga PNS Dinas PU Lampura di Kasus Gratifikasi Akbar Mangkunegara

Mangkunegara X lalu kembali ke paringgitan dan dilanjutkan dengan menyaksikan tari Bedhaya Anglir Mendung selama 50 menit hingga penutupan acara.

Dalam acara pengangkatan ini juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan jas warna hitam dan datang di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, sekitar pukul 11.51 WIB.

Saat datang, Jokowi memberi ucapatan atas kenaikan tahta Gusti Bhre.

Kemudian Jokowi langsung duduk di antara Raja Keraton Kasultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Raja Keraton Kasunanan Surakarta, SISKS Pakubuwono XIII.

Diketahui, saat hadir di Puro Mangkunegaran, Jokowi didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Polisi Ahmad Luthfi.

Profil GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo

Bhre Cakrahutama
GPH Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo yang diangkat menjadi Raja Mangkunegaran X pada hari ini Sabtu (12/3/2022).

Dikutip dari Tribunnewswiki, GPH Bre Cakrahutama Wira Sudjiwo merupakan sosok yang lahir pada 29 Maret 1997 dan kini menginjak umur 24 tahun.

Ia merupakan putra bungsu dari pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Bre Cakrahutama memiliki kakak perempuan bernama Gusti Raden Ajeng (GRA) Ancillasura Marina Sudjiwo dan dua kakak tiri dari istri pertama KGPAA Mangkunegara IX yang merupakan putri dari Presiden pertama RI, Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri.

Ditambah, ia jua memiliki kakak tiri lainnya yang bernama Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukma Putra dan GRA Putri Agung Suniwati (Menur).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat