androidvodic.com

845 Warga Lebak Menderita Thalasemia: Butuh Transfusi Darah Setiap Bulan - News

News, LEBAK - Tercatat ada 845 warga Kabupaten Lebak Banten yang mengidap Thalasemia.

Perlu diketahui Thalasemia sendiri merupakan kelainan darah bawaan.

Pengidapnya, ditandai dengan kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin), dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

Perwakilan Komunitas Salam Setetes Darah (KSSD) Kabupaten Lebak, Mega Yulianti mengatakan, para pasien Thalasemia itu membutuhkan donor darah setiap bulannya.

Baca juga: Kisah Pilu Sepasang Kekasih Tak Jadi Menikah Karena Idap Thalasemia, Sudah 3 Tahun Pacaran

"Kita catat ada 845 warga Lebak yang mengidap penyakit thalasemia atau kelainan darah. Mereka membutuhkan transfusi darah setiap bulannya," katanya saat ditemui oleh TribunBanten.com, Rabu (16/3/2022).

Khusus untuk penderita Thalasemia, membutuhkan pengobatan transfusi darah setiap bulannya.

Jika penderita thalasemia melakukan transfusi darah, maka akan mengalami kelelahan, pucat, dan sesak nafas.

Bahkan, di kasus gejala besar, pasien Thalasemia bisa mengalami komplikasi jantung jika telat mendapatkan transfusi darah.

Mega menjelaskan, saat ini penderita thalasemia yang didominasi oleh anak-anak, hal tersebut akan menjadi perhatian penting baginya.

Baca juga: Menakar Gizi Martabak Pisang, Selain Enak, Baik Juga untuk Kesehatan

"Jadi para pasien Thalasemia didominasi oleh anak-anak ini akan terus menjadi prioritas kami."

"Agar mereka bisa mendapatkan transfusi darah. Karena kalau telat sedikit saja bisa berbahaya, kemarin juga ada yang meninggal dunia karena telat penanganan," ungkapnya.

Untuk melengkapi kebutuhan para pasien Thalasemia, pihak KSSD secara rutin mengajak orang-orang untuk mau mendonorkan darahnya.

Mega berharap, agar warga Kabupaten Lebak dapat lebih melek, dan mau untuk mendonorkan darahnya untuk membantu para pasien Thalasemia.

"Insya Allah tercukupi, karena banyak warga juga yang suka rela menawarkan darahnya kepada kami untuk digunakan transfusi darah bagi para pasien Thalasemia," pungkasnya.

Penulis: Nurandi

Artikel ini telah tayang di TribunBanten.com dengan judul Pilu 845 Warga Lebak Menderita Thalasemia, Pengidap Butuh Suplai Darah Setiap Bulannya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat