androidvodic.com

Pejabat TPN-PB Papua Alex Ruyaweri Kembali ke NKRI, Ucap Terima Kasih Kapolda Telah Membinanya - News

News, JAYAPURA - Alex Ruyaweri Yessi Makabori menyatakan sikapnya untuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan republik Indoensia (NKRI) di Aula Obhe Reay May, Polres Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (23/3/2022).

Alex Ruyaweri Yessi Makabori adalah seorang perwira tinggi dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) di wilayah Tabi, Papua yang kini telah berusia 70 tahun.

Di TPN-PB, Ruyaweri Yessi Makabori menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Selain pernyataan sikap, dalam kesempatan tersebut, Alex Ruyaweri menyerahkan sejumlah barang.

Barang-barang yang diserahkannya adalah dokumen-dokumen TPN-PB, peluru hampa 20 butir, serta baju loreng berpangkat jenderal bintang 3.

Tak hanya itu, Alex juga mencium bendera Merah Putih.

Baca juga: TPNPB di Bawah Pimpinan Gen Goliath Tabuni Bertanggung Jawab Atas Tewasnya 8 Karyawan PTT di Papua

Barang-barang yang diserahkan oleh Alex, diterima langsung oleh Kanit Pidana Umum Satuan Reserse Kriminal Polres Jayapura Ipda Dhanel Zeth Rumpaidus.

Kasat Reskrim Iptu Muhammad Rizka mengatakan, Alex Ruyaweri Yessi Makabori memiliki jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat TPN-PB wilayah Tabi dengan pangkat jenderal bintang 3.

Alex disebut berperan aktif dalam organisasinya.

"Berdasarkan Surat Perintah tanggal 14 Februari 2022 dan surat pernyataan dari Erik Makabori yang merupakan anak kandungnya, meminta kami Polres Jayapura untuk membina orangtuanya (Alex)," kata Muhammad Rizka, Rabu (23/03/2022).

Menurut Kasat Reskrim, Alex Ruyaweri Yessi Makabori menyatakan dengan tegas bahwa dirinya telah kembali ke pangkuan NKRI.

Momen ketika KSAD TPN-PB Wilayah Tabi Papua, Alex Ruyaweri Yessi cium bendera merah putih tanda ia telah kembali ke pangkuan NKRI.
Momen ketika KSAD TPN-PB Wilayah Tabi Papua, Alex Ruyaweri Yessi cium bendera merah putih tanda ia telah kembali ke pangkuan NKRI. (Istimewa)

Dia juga menyatakan bersedia memberikan semua dokumen dan barang bukti yang diterimanya dari TPN-PB.

"Dia ucapkan terima kasih kepada Kapolda Papua dan Kapolres Jayapura karena telah membinanya dan menyadarkannya untuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

Selain itu, Erik Makabori yang merupakan anak kandung Alex, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Jayapura karena telah berhasil membina sang ayah.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Pejabat Elite TPN-PB Papua Menyerahkan Diri, Langsung Cium Bendera Merah Putih

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat