androidvodic.com

Saat Malam-malam Menteri Sandiaga Uno Berkunjung ke Toba: Ingatkan Soal Geliat Perfilman Danau Toba - News

News, TOBA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke empat kabupaten di Sumatera Utara, yakni Tapanuli Utara, Samosir, Simalungun, dan Toba.

Ide soal pengembangan geliat perfilman di kawasan Danau Toba akan terjawab.

Pihak kemenparekraf telah menyajikan wadah mengembangkan ide kaum muda akan film yang mengangkat nilai-nilai budaya dalam daerah.

Melalui festival Family Sunday Movie (FSM), ia mengajak masyarakat berkontibusi melalui pengiriman karya digital berbentuk film pendek.

Pembukaan pendaftaran akan dimulai pada bulan April mendatang.

“Dengan bagganya kami mempersembahkan festival Family Sunday Movie sebagai bentuk dukungan dari kegiatan ekonomi kreatif industry film program khusus yang disediakan khusus bagi para sineas muda daerah untuk menyalurkan ide dan gagasan kreatif untuk prdouk digital yaitu dalam bentuk film pendek,” ujar Menteri Sandiaga Uno dalam video yang diperoleh tribun-medan.com (Tribun Network) pada Senin (28/3/2022).

Dalam video itu terlihat Sandiaga tiba di lokasi pada malam hari.

Satu diantara lokasi pengambilan gambar yang ia sambangi adalah Desa Parsaoran Sibisa, Kabupaten Toba.

Dalam kunjungannya, ia melihat secara langsung bagaimana kru dari Rumah Karya Indonesia yang ada di Kabupaten Toba sedang syuting.

Bahkan, ia sempat terlibat dalam proses pengambilan gambar, tepatnya sebagai sutradara.

“Dalam film pendek tersebut, yang diangkat adalah kearifan lokal dan UMKM serta segal potensi yang dimiliki di wilayah Toba."

"Seluruh warga desa Parsaoran Sibisa melihat bahwa pengambilan gambar atau syuting film yang berjudul ‘Tartangkup’ membuka cakrawala,” sambungnya.

“Kita juga melakukan FSM roadshow yang bertujuan dalam program Family Sunday Movie untuk bersilaturahim sekaligus melihat langsung situasi dan perkembangan secara langsung sineas muda kita,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pengumuman kejuaraan film pendek yang ditampung dalam festival Family Sunday Movie ini pada bulan November 2022 setelah adanya seleksi ketat.

Ia berharap kaum muda di kawasan Danau Toba mampu masuk menjadi nominasi terbaik dalam festival tersebut.

“Dalam kesempatan ini, saya juga memberikan dukungan semangat untuk komunitas Rumah Karya Indonesia Danau Toba untuk mendapatkan mahakaryanya dalam festifal FSM yang pendaftarannya akan dibuka kembali pada tanggal 2 April mendatang,” terangnya.

“Semoga karya teman-teman menjadi official selection movie selanjutnya dan otomatis dalam nominasi FSM di bulan November,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Malam-malam Berkunjung ke Toba, Menteri Sandiaga Uno Ingatkan Soal Geliat Perfilman Danau Toba  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat