androidvodic.com

Angin Puting Beliung Terjang Wonosari Gorontalo, Rumah & Lahan Pertanian Rusak, Pohon Tumbang - News

Laporan Wartawan Tribun Gorontalo, Ronald Rampi

News, TILAMUTA - Angin puting beliung menerjang 10 desa di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Sabtu (2/4/2022) sekira pukul 14.00 Wita.

Akibatnya sejumlah rumah rusak. Atap terbawa angin. Bahkan ada yang rata dengan tanah dihantam badai disertai hujan deras.

Kepala Desa Jatimulya, Kawit Adi kepada TribunGorontalo.com mengungkapkan, sebelum angin puting beliung, Wonosari diguyur oleh hujan yang sangat deras.

Beberapa saat kemudian, angin pun mulai bertiup kencang.

"Sampai akhirnya jam 2 siang, tiba-tiba angin semakin kencang. Kami menjadi takut dan berusaha untuk mencari tempat yang aman," ungkap Kawit.

Rumah porak-poranda diterjang angin puting beliung di Desa Jatimulya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Sabtu (2/4/2022) pukul 14.00 Wita.
Rumah porak-poranda diterjang angin puting beliung di Desa Jatimulya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Sabtu (2/4/2022) pukul 14.00 Wita. (FB/Mas Joko/Basirun)

Kawit mengatakan, durasi angin puting beliung cukup lama terjadi. Hingga mengakibatkan banyak kerusakan.

Dari laporan dan beberapa informasi yang disampaikan oleh warga, kata Kawit, selain rumah yang rata dengan tanah, angin puting beliung juga menghantam lahan pertanian milik warga.

"Banyak pohon di pinggir jalan yang tumbang. Dan juga, tanaman pertanian seperti jagung banyak yang rusak," ujarnya.

Ia pun berharap agar kejadian ini bisa ditanggapi segera Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Boalemo.

Bencana ini terjadi saat warga yang khususnya umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Korban Angin Puting Beliung di Medan Minta Tolong ke Wali Kota Bobby Nasution Terkait Kinerja BPBD

"Kasihan, ada warga kami yang tidak memiliki tempat tinggal lagi, lantaran rumahnya hancur diterjang angin putting beliung. Dan besok sudah mulai sahur," kata Kawit.

Pasca kejadian, jaringan listrik di wilayah Kecamatan Wonosari mengalami gangguan.

Terjadi pemadaman listrik yang berlangsung cukup lama. Namun sekira pukul 22.30, listrik kembali normal.

Hingga berita ini diturunkan, TribunGorontalo.com belum mendapatkan data yang pasti terkait jumlah korban dan jumlah kerugian materil yang disebabkan oleh bencana ini.

Artikel ini telah tayang di Tribungorontalo.com dengan judul Badai Terjang Boalemo-Gorontalo, Kades Jatimulya: Warga Ketakutan, Cari Tempat Aman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat