androidvodic.com

Pemuda Kabupaten Semarang Ditangkap Saat Jual Obat Mercon Saat Transaksi COD - News

Laporan Wartawan Tribun Jateng  Rezanda Akbar D

News, UNGARAN - Pemuda berinisial EYR (26) ditangkat karena menjual obat mercon, Senin (4/4/2022).

Bersama tersangka polisi mengamankan barang bukti 2 kg obat mercon.

Pemuda asal Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, itu diduga akan menjual bahan mercon, yang biasanya marak dinyalakan saat Ramadan.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika mengatakan, EYR ditangkap saat melakukan transaksi cash on delivery (COD) di sekitar Terminal Bawen.

"Kami mengamankan warga Pabelan berdasar informasi masyarakat bahwa di wilayah Bawen ada seseorang yang menawarkan bahan atau obat mercon lewawt cara COD," katanya, Selasa (5/4/2022).

Tim Resmob Polres Semarang langsung melakukan penyelidikan di sekitar lokasi yang diperkirakan untuk COD obat mercon tersebut.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Ceker Ayam Mercon Enak, Dijamin Empuk dan Nagih

"Ternyata benar, sekitar pukul 17.00 WIB, pelaku berhasil diamankan bersama barang bukti 2 Kg lebih 2 Ons obat mercon yang sudah siap digunakan," ucapnya.

Kasat Reskrim Polres Semarang Tegar Satrio menambahkan, dari hasil pengembangan di rumah EYR, petugas berhasil mengamankan bahan-bahan mercon.

"20 kg Aluminium Powder, 1 sak belerang, 1 sak potasium celorate berisi 10 kg, 1 sak potasium celorate berisi 25 kg, 1 buah timbangan plastik, 1 kotak peralatan untuk mengoplos, serta uang tunai Rp 1,2 juta hasil penjualan obat mercon," terangnya.

Pelaku mendapatkan bahan baku obat mercon dari toko online serta pelaku juga mendapatkan cara meracik obat mercon dari tutorial youtube.

Saat ini, EYR masih diamankan Sat Reskrim Polres Semarang untuk pengembangan penyelidikan lebih lanjut.

"Kepada pelaku akan dikenakan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat RI No 12 Tahun 1951 tentang Bahan Peledak," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunBanyumas.com dengan judul Jual Obat Mercon, Polisi Bekuk Pemuda asal Pabelan Kabupaten Semarang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat