androidvodic.com

AirAsia dari Bangkok Bawa 128 WNA, Bandara Ngurah Rai Sudah Layani 56.902 Penumpang Internasional - News

News, MANGUPURA - Maskapai AirAsia resmi melakukan pengoperasian kembali penerbangan langsung rute Bangkok-Bali PP, Selasa (12/4).

Penerbangan ini merupakan rute internasional ke-4 yang kini kembali beroperasi di Indonesia.

Penerbangan yang dioperasikan oleh AirAsia Thailand dengan nomor penerbangan FD 396 ini berangkat dari Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok pada pukul 06.50 dan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, pukul 11.57 Wita.

Kedatangan perdana penerbangan FD 396 di Bali disambut dengan inaugural flight water salute.

Lalu penerbangan ini kembali ke Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok dengan nomor penerbangan FD 397 berangkat dari Bandara Ngurah Rai, pukul 12.56 Wita.

Bangkok-Bali secara historis merupakan rute yang sangat populer dengan jumlah permintaan rata-rata lebih dari 80 persen sebelum pandemi, dan penerbangan perdana pasca pandemi kali ini cukup menunjukkan tren pemulihan minat wisatawan Thailand untuk berkunjung ke Bali.

Hal ini terlihat dari jumlah penumpang 128 orang yang hampir kesemuanya adalah Warga Negara Asing dan mayoritas warga negara Thailand.

Dengan Bali menjadi tujuan rekreasi favorit yang konsisten bagi wisatawan asal Thailand, pelonggaran pembatasan perjalanan internasional dan pencabutan persyaratan karantina baru-baru ini berhasil menggairahkan minat wisatawan untuk kembali ke Bali yang di antara turis Thailand terkenal dengan budaya unik dan ragam aktivitas lautnya.

Sebaliknya, keputusan pemerintah Thailand untuk meniadakan persyaratan tes Covid sebelum terbang (pre-departure Covid test) juga semakin memudahkan wisatawan berkunjung ke Bangkok yang populer dengan wisata belanja, kuliner dan budayanya.

Penerbangan AirAsia rute Bangkok-Bali ini akan beroperasi dua kali seminggu setiap Selasa dan Sabtu dan akan terus dievaluasi untuk penambahan frekuensi kedepannya.

Sejak penerbangan internasional reguler di Bandara Ngurah Rai dibuka per 3 Februari 2022, trafik pergerakan penumpang internasional terus meningkat. Data sementara hingga 9 April 2022 tercatat telah dilayani 56.902 penumpang internasional.

"Per 3 Februari hingga 10 April 2022 kami telah melayani 56.902 pax, terdiri dari
kedatangan 36.232 pax dan keberangkatan 20.670 pax," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, Selasa (12/4).

Jika dirinci dari status kewarganegaraannya, terdapat 6 asal negara yang mendominasi di atas 1.000 pax antara lain tertinggi urutan pertama adalah dari Australia, kemudian disusul Amerika Serikat, United Kingdom, Jerman, Perancis dan Belanda.

Sementara untuk yang menggunakan layanan Visa on Arrival (VoA) penumpang pengguna terbanyak juga dari Australia, disusul Jerman, Amerika Serikat, United Kingdom dan Perancis.

Negara yang telah dilayani pada rute penerbangan internasional sementara hingga hari ini di Bandara Ngurah Rai total 7 negara, diantaranya Jepang (NRT), Australia (MEL, SYD, PER), Singapura (SIN), Malaysia (KUL), Qatar (DOH), Turki (IST) dan Thailand (DMK).

"Total hingga hari ini rute internasional yang kami layani telah menghubungkan ke 7 negara dengan 11 maskapai yang beroperasi," imbuh Taufan.

11 maskapai yang dimaksudkan diantaranya adalah Garuda Indonesia dengan rute Narita-Denpasar seminggu sekali Kamis, Sydney-Denpasar seminggu sekali Jumat; Singapore Airlines rute Singapura-Denpasar PP setiap hari; Jetstar Asia Airways rute Singapura-Denpasar PP setiap Selasa, Jumat, Minggu; KLM Royal Dutch Airlines rute Singapura-Denpasar PP Senin dan Kamis; Scoot Tigerair rute Singapura-Denpasar setiap hari.

Maskapai ke-6 ada Malaysia Airlines dengan rute Kuala Lumpur-Denpasar PP setiap Jumat dan Minggu; Jetstar Airways dengan rute Melbourne-Denpasar PP setiap hari, Perth-Denpasar PP setiap hari dan Sydney-Denpasar PP setiap hari; Qatar Airways rute Doha-Denpasar setiap Selasa, Rabu, Jumat, dan Minggu; AirAsia Berhad rute Kuala Lumpur-Denpasar PP setiap Senin, Jumat, dan Minggu Turkish Airlines rute Istanbul-Denpasar PP setiap Selasa, Kamis, dan Minggu.

Terakhir maskapai ke-11 yang baru beroperasi kembali adalah Thai AirAsia terbang perdana kemarin dengan rute Bangkok-Denpasar PP setiap hari Selasa dan Sabtu. (zae)

Baca juga: Kepala Sekolah Injak Bahu Siswa SMAN 3 Amlapura

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat