androidvodic.com

Timur Laut Kepulauan Yapen Papua Digunjang Gempa Bermagnitudo 5.8,  Dipicu Aktivitas Subduksi - News

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara


News, JAYAPURA -
Kawasan timur laut Kepulaun Yapen, Papua diguncang gempa bumi bermagnitudo 5.8. 

Gempa dirasakan di Kota Serui dan Kabupaten Biak, Provinsi Papua.

Melalui rilia pers yang diterima Tribun-Papua.com Minggu (17/4/2022), gempa tersebut dilaporkan terasa sekira pada pukul 14.49 WIT.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,5.

Kemudian episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,39° LS; 136,99° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 39 Kilometer arah Timur Aimando Padaido, Biak Numfor, Papua pada kedalaman 35 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Baca juga: 5 Jenazah Korban Kecelakaan di Pegunungan Arfak Papua Barat Dimakamkan dalam Satu Liang Lahad

Hasil analisis mekanisme sumber yang dilakukan BMKG, menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Serui dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah, serta terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Kemudian dirasakan juga oleh masyarakat di Kabupaten Biak dengan skala intensitas II-III MMI, dengan getaran dirasakan oleh beberapa orang, lalu benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sesuai hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini, tidak berpotensi Tsunami.

BMKG mencatat, gempabumi susulan terjadi hingga pukul 03.20 WIB, lalu hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempabumi susulan dengan magnitudo M3,8.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Lalu dapat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum kembali ke dalam rumah. 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Gempa Bumi Bermagnitudo 5.8 Guncang Timur Laut Kepulauan Yapen, Terasa di Serui dan Biak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat