androidvodic.com

Pasca Ambruknya Minimarket Alfamart Gambut, Pemkab Banjar Kumpulkan Data untuk Selidiki Penyebabnya - News

News - Pemerintah Kabupaten Banjar melakukan penyelidikan terkait penyebab ambruknya minimarket Alfamart di wilayah Gambut, Kalimantan Selatan pada Senin (18/4/2022) beberapa waktu lalu.

Akibat kejadian tersebut, lima orang meninggal dunia dan korban lainnya mengalami luka-luka.

Menurut Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Banjar, Muhammad Riza Dauly, pemerintah tengah melakukan pengumpulan data.

Pemerintah Kabupaten Banjar menurunkan tim gabungan dari sejumlah dinas teknis, di antaranya Dinas PUPRP dan Dinas Perizinan untuk membantu penyelidikan.

Baca juga: UPDATE Alfamart Roboh di Gambut: Izin Bangunan Ternyata Hanya 2 Lantai, Disebut Tak Memenuhi Desain

Riza Dauly menyebut, dugaan awal ambruknya toko Alfamart Gambut terjadi karena kegagalan bangunan.

"Dugaan kita ini, pertama, terjadi karena kegagalan bangunan."

"Saat ini, tim kami dari penataan ruang dan bangunan, serta tim ahli bangunan gedung sedang melakukan pengumpulan data bahan dan keterangan untuk melihat apa yang menjadi faktor utama terjadinya ambruk bangunan Alfamart tersebut," katanya, dikutip News dari kanal YouTube Kompas TV, Kamis (21/4/2022).

Sementara itu, Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK mengimbau agar pemilik ruko di Kalimantan Selatan segera mengevaluasi dan menguji kelayakan bangunannya.

Hal tersebut, dimaksudkan agar hal serupa tidak lagi terulang dan kembali menelan korban jiwa.

"Salah satu pelajaran bagi kita semua, di mana nanti pihak terkait, khususnya pihak-pihak yang mempunyai bangunan-bangunan untuk dievaluasi kembali."

"Karena di lahan kita ini merupakan lahan gambut yang sangat mudah untuk menyerap pembangunan yang bisa berdampak pada orang lain. Mudah-mudahan kejadian ini hanya kali ini saja," ucap Supian HK.

Dikutip dari Banjarmasinpost.co.id, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim Rabu (20/4/2022) kemarin datang ke Kalimantan Selatan untuk menindaklanjuti ambruknya toko Alfamart Gambut.

Anggota Polisi berjumlah empat orang mendatangi langsung lokasi bangunan Alfamart ambruk di Jalan Ahmad Yani Km 14, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel.

Dijelaskan Kasat Reskrim Polres Banjar, Iptu Fransiskus Manaan, kedatangan Tim Labfor tersebut datang untuk menindaklanjuti hasil penyelidikan sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat