androidvodic.com

Arus Balik Mulai Terlihat, Polisi Berlakukan Contraflow di Tol Cikampek Utama hingga Karawang Barat - News

Laporan Wartawan News, Fandi Permana

News, JAKARTA - Berakhirnya libur Lebaran 2022 pekan ini membuat arus balik mudik Lebaran di sejumlah ruas tol sudah terpantau padat.

Pemudik yang akan kembali beraktivitas Senin (9/5/2022) depan terpantau mulai menuju Jakarta. Alhasil, ribuan kendaraan sudah mulai memadati sejumlah tol yang didominasi dari arah Trans Jawa.

Untuk itu, sistem contra flow di Tol Cikampek Utama Km 70 hingga Karawang Barat Km 47 diberlakukan oleh kepolisian.

Baca juga: Terminal Kampung Rambutan Kedatangan 11.450 Penumpang Sampai Hari Keempat Lebaran

"#Tol_Japek Cikampek Utama KM 70 - Karawang Barat KM 47 DIBERLAKUKAN LAJUR CONTRAFLOW/kanan (khusus kendaraan kecil Gol 1 arah Jakarta), agar tertib di antrean," demikian dikutip dari Twitter @jasamarga, pukul 10.30 Wib, Jumat (6/5/2022).

Alhasil, sistem contra flow yang diterapkan berdampak pada arah sebaliknya yakni menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lalu lintas dari arah Karawang Barat menuju Cikampek terpantau padat karena lajur yang berkurang.

Baca juga: Imbas One Way, Arus Lalu Lintas Simpang Cikopo Dekat Pintu Keluar Tol Cikampek Padat Merayap

Kepadatan kendaraan terlihat sejak titik Karawang Barat Km 44 hingga Km 47 arah Cikampek.

"Kepadatan volume lalu lintas dan dampak penyempitan lajur diberlakukannya jalur contra flow di lajur kanan," tambah keterangan Jasa Marga.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya akan menyiapkan skema rekayasa lalu lintas untuk kelancaran arus balik pada hari ini.

Semboyan menyebut, di Km 3 +500 kepolisian akan membuka arus lalu lintas dari kedua arah agar kendaraan dari Jalur A dan Jalur B tetap bisa masuk ke Gerbang Tol Halim, Jakarta Timur.

"Karena kalau kami tidak bikin seperti ini nanti takutnya di sini akan susah, terjadi perpotongan, sehingga kami akan bagi dua untuk masuk ke Gerbang Tol Halim," kata Sambodo, Kamis (5/5/2022).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat