androidvodic.com

Jasa Marga Catat 815 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek pada Hari Kedua hingga H+3 Lebaran - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - PT Jasa Marga mencatat sebanyak 815.612 kendaraan kembali memasuki wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) pada hari kedua hingga H+3 lebaran atau periode Selasa, 3 Mei - Jumat, 6 Mei 2022.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, jumlah tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama.

Baca juga: Live Streaming Pantauan Situasi Lalu Lintas Arus Balik Lebaran di Jalur Pantura

Adapun keempat GT yang dimaksud yakni GT Cikupa atau arah Merak, GT Ciawi atau arah Puncak, dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama yang merupakan dari arah Trans Jawa dan Bandung.

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 51,1 persen jika dibandingkan lalin normal periode 2021 dengan total 539.697 kendaraan," kata Heru, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/5/2022).

Lebih lanjut kata Heru, untuk distribusi lalu lintas masuk Jabotabek dominan dari ketiga arah dengan mayoritas sebanyak 467.178 kendaraan atau 57,28 persen kendaraan dari arah Timur atau Trans Jawa dan Bandung.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 280.632 pengendara melintas di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, sementara yang melintas di GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang terdapat sebanyak 186.546 kendaraan.

Baca juga: Hari Keenam Lebaran, 39.600 Penumpang Kembali ke Jakarta saat Arus Balik Mudik Lebaran

"Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 467.178 kendaraan, naik sebesar 96,2 persen dari lalin normal," kata Heru.

Selanjutnya, ada sebanyak 181.399 kendaraan atau 22,24 persen pengendara yang melintas dari arah Barat atau Merak.

Serta terakhir, sebanyak 167.035 kendaraan atau 20,48 persen dari arah Selatan atau Puncak.

"Jumlah kendaraan yang menuju Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 167.035 kendaraan, meningkat sebesar 40,2 persen dari lalin normal," ucapnya.

Heru mengungkapkan, khusus pada H+3 atau pada Jumat kemarin, Jasa Marga mencatat lalu lintas di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencapai 107.518 kendaraan.

Jumlah tersebut merupakan kenaikan tertinggi sejak periode arus balik sejak hari kedua lebaran.

"Jumlah kendaraan ini naik hingga 214 persen yang merupakan kenaikan tertinggi sejak periode arus balik H2 s.d H+3," ucap Heru.

Baca juga: Garuda Indonesia Group Proyeksikan Angkut 267 Ribu Penumpang Selama Arus Balik Lebaran

Atas tingginya peningkatan jumlah pengendara ini, Heru mengimbau agar pengendara selalu berhati-hati dalam berkendara dengan mematuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

"Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080," tukas Heru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat