androidvodic.com

852.060 Warga Kabupaten Bogor Belum Terdaftar BPJS Kesehatan, Ini Penyebabnya - News

News, BOGOR- 852.060 warga Kabupaten Bogor masih belum terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Angka warga yang belum terdaftar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini terhitung sebanyak 15,99 persen dari total penduduk 5,3 juta jiwa.

"Kemarin itu masih 900 ribuan, 17 persenan ya, sekarang sudah 15,99 persen, terjadi penurunan," kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Betty Parapat, Senin (30/5/2022).

Angka warga Kabupaten Bogor yang sudah terdaftar JKN BPJS mencapai sebanyak sekitar 4,4 juta jiwa atau sekitar 84 persen dari total penduduk.

Baca juga: 3 Cara Cek Status BPJS Kesehatan Melalui HP, Siapkan NIK

Angka ini masih kurang dari rata-rata nasional sebesar 86 persen.

Dia menjelaskan bahwa kepesertaan BPJS Kabupaten Bogor untuk mandiri terkendala kondisi di pelosok yang jauh dari bank dan minimarket serta sulit sinyal.

Kemudian untuk peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) itu pun tergantung verifikasi yang diberikan pemerintah daerah (Pemda) yang juga diduga terkendala luas wilayah.

Baca juga: Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan, Hanya 2 Kategori yang Bisa Keluar Kepesertaaan BPJS

"Kalau BPJS hanya terima saja datanya yang didaftarkan dari pemerintah kita input untuk PBI. Untuk mandiri kendala di pelosok tempat pembayarannya tidak ada. Jadi kita koordinasinya penuhi dulu kuota-kuota (PBI APBN/APBD) yang masih ada," kata Betty Parapat.

Penulis: Naufal Fauzy

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Kurang dari Rata-rata Nasional, Sebanyak 852.060 Warga Kabupaten Bogor Belum Terdaftar BPJS

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat