androidvodic.com

Pemerintah Kota Blitar Tidak Lagi Berikan Seragam Gratis dalam Bentuk Pakaian Jadi kepada Siswa - News

News, BLITAR -  Pemerintah Kota Blitar Jawa Timur memutuskan tidak lagi memberikan seragam gratis dalam bentuk pakaian jadi kepada siswa.

 Pelajar TK, SD dan SMP tahun ini mendapatkan berupa kain. Nanti masing-masing siswa yang akan menjahit sesuai ukurannya.

Baca juga: Seragam Baru PNS-PPPK Tahun 2022, Simak Arti Motif Batik Korpri, Lambang dan Maknanya

"Tahun ini, diputuskan pengadaan seragam gratis untuk siswa berupa kain, bukan pakaian jadi," kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Jaiz Alwi, Rabu (22/6/2022). 

Jaiz mengatakan, seragam gratis berupa kain diberikan kepada siswa mulai TK, SD dan SMP negeri di Kota Blitar. Tiap-siap siswa mendapatkan tiga setel seragam gratis. 

Dinas Pendidikan juga akan memberikan ongkos jahit kepada para siswa. Ongkos jahit untuk siswa TK Rp 90.000 per potong, SD Rp 100.000 per potong dan SMP Rp 110.000 per potong.

"Sekarang masih tahap proses, kami sudah survei harga dan kirim kain untuk uji lab di Balai Besar Tekstil di Bandung," jelas Jaiz. 

Dikatakannya, hasil uji lab kain diperkirakan keluar pada akhir Juni 2022 ini. Setelah itu, Dinas Pendidikan baru melakukan tender pengadaan kain seragam gratis siswa. 

"Targetnya, Oktober atau November 2022, kain untuk seragam gratis siswa sudah bisa dibagikan," katanya. 

Baca juga: Duduk Perkara Murid SD Diduga Diusir Guru Karena Tak Punya Ponsel dan Seragam Saat Hendak Ikut Ujian

Jaiz menjelaskan, pengadaan seragam gratis siswa kembali berupa kain memudahkan ukuran pakaian siswa. 

 
"Dari hasil evaluasi, pengadaan seragam gratis berupa pakaian jadi kurang efektif. Akhirnya kami putuskan pengadaannya kembali berupa kain," ujarnya.

Penulis: Samsul Hadi

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Pengadaan Seragam Gratis Siswa di Kota Blitar Kembali Berupa Kain dan Ongkos Jahit

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat