androidvodic.com

Prestasi Lengkap Ganjar Pranowo di Bidang Pendidikan, Ada Sekolah Virtual dan SMK Boarding Gratis! - News

News - Pendidikan adalah milik semua orang. Tak hanya mengobati rasa pesimis, pendidikan juga menjadi bekal bagi setiap orang dalam mengarungi kehidupan modern saat ini. 

Momok buruk seperti mahalnya biaya sekolah, akses yang sulit dijangkau, gaji guru rendah, perlahan-lahan bisa dihilangkan. Itu terwujud berkat keberanian dan terobosan seorang pemimpin.  

Ganjar Pranowo adalah satu dari sekian gubernur yang punya kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan. Selama kepemimpinannya, momok buruk itu berhasil ia singkirkan jauh-jauh. Bahkan inovasinya dalam mengembangkan pendidikan seakan tidak pernah habis.

Lalu, apa saja prestasi Ganjar di bidang pendidikan? Berikut ulasannya yang sudah kami rangkum;

Sekolah Asrama

Ganjar membangun sekolah asrama gratis yang dikhususkan bagi siswa miskin. Di Indonesia, rupanya sekolah semacam ini hanya bisa ditemukan di Jateng. Namanya SMK Negeri Jateng. Sekolah ini berdiri di Semarang, Pati, dan Purbalingga. Bahkan mulai tahun ini akan dijalankan sekolah yang sama di 15 daerah lain di Jawa Tengah. Hanya saja sekolah yang baru itu belum sepenuhnya menerapkan asrama, atau masih semi-boarding.

Keberadaan fasilitas asrama, tak bisa dipungkiri memang jadi unggulan karena sangat membantu siswa yang tinggal jauh dari sekolahan. Selain kebutuhan sehari-hari ditanggung pemerintah provinsi, para siswa juga mendapatkan sarana lain seperti seragam maupun perlengkapan sekolah.

Pendidikan yang merata rupanya memang menjadi cara Ganjar mencabut akar kemiskinan di Jawa Tengah. Banyak lulusan dari SMK Negeri Jateng kini telah bekerja di perusahaan-perusahaan bonafide. Mereka kemudian bisa membantu mengirimkan uang bulanan untuk orang tua, menjamin fasilitas kesehatannya, hingga membangun rumah.

Bebaskan Biaya SPP

Sejak 2020, Ganjar membebaskan biaya SPP bagi seluruh siswa SMA/SMK/SLB Negeri di Jateng. Sekolah-sekolah itu digelontorkan anggaran Bantuan Operaasional Penyelenggaraan (BOP) agar biaya pendidikan tidak dibebankan pada siswa. Untuk tahun 2022 ini saja, Pemprov Jateng mengalokasikan anggaran BOP sebesar Rp769.714.070.000

Tak hanya sekolah negeri, rupanya sekolah swasta juga tidak luput dari perhatian Ganjar. Mereka mendapat bantuan Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah). Untuk tahun ini anggaran Bosda sekolah swasta mencapai Rp159.431.400.000. Anggaran tersebut untuk 607.021 siswa dari 1917 sekolah. 

Sekolah Virtual

Nah, program yang satu ini memang menjadi idaman bagi mereka yang putus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan lagi. Tidak peduli tua, muda, semua bisa ikut bergabung. Ya, Sekolah Virtual ini memang diinisiasi Ganjar untuk mewujudkan pendidikan yang merata agar mereka punya masa depan yang lebih baik.  

Menariknya, sekolah ini menerapkan belajar mengajar yang fleksibel. Jadwalnya pun bisa disesuaikan supaya tidak mengganggu aktivitas utama para siswa yang kebanyakan sudah bekerja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat