androidvodic.com

Hewan Ternak di Kabupaten Blora Diberikan Vaksinasi Cegah Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku - News

News, BLORA –  Hewan ternak milik warga Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, Jawa Tengah diberikan vaksinasi guna mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Petugas gabungan di kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora yang terdiri dari anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tunjungan Bripka Hariyono bersama Babinsa, Petugas Kelurahan dan Petugas Kesehatan Hewan melaksanakan vaksinasi PMK di desa Adirejo dan Kedungringin, Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Juru Bicara Pemerintah: Seluruh Provinsi di Pulau Jawa Zona Merah PMK

Petugas gabungan juga menyampaikan imbauan kepada warga tentang kegiatan pencegahan penularan PMK salah satunya dengan menjaga kebersihan kandang.

"Meski sudah divaksin, kami harap kebersihan kandang juga diperhatikan. Serta pola makan hewan ternak upayakan jangan sampai kurang. Kemudian lakukan penyemprotan disinfektan secara berkala," ucap Bhabinktibmas Bripka Haryono.

Terpisah, Kapolsek Tunjungan Polres Blora AKP  Soeparlan membeberkan, apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Haryono sudah tepat. 

Dimana ia menjalin sinergi dengan TNI dan lintas sektoral dalam rangka kegiatan vaksinasi PMK. 

"Apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas sudah tepat. Dengan melekat dan membaur bersama warga tentunya akan lebih optimal untuk menjaga kondusifitas wilayah di desa binaan," ucap Soeparlan.

Baca juga: Irjen Kementan: Jaga Ternak Kita untuk Wujudkan Sulawesi Bebas PMK

Perwira Polri yang lama berdinas di Densus 88 Anti teror ini menambahkan, pihaknya sudah menginstruksikan seluruh anggotanya terutama Bhabinkamtibmas agar selalu aktif memantau situasi di wilayah binaan masing masing. 

"Jalinan kemitraan harus selalu kita jaga. Dengan sinergitas yang baik maka situasi kamtibmas bisa lebih terjaga," tandasnya.

Baca juga: Tercatat 2200 Ternak di Sergai Terpapar PMK, Bupati Minta Satgas Bekerja Ekstra Tanggulangin Wabah

Kegiatan tersebut mendapat tanggapan positif dari warga, salah satunya adalah Joko, warga desa Adirejo.

"Alhamdulilah kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga. Harapannya bisa dilakukan secara berkala sehingga peternak sapi dan kambing di desa desa tidak resah dengan PMK," kata Joko. (Kim) 

Penulis: Ahmad Mustakim

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Antisipasi Penularan PMK, Hewan Ternak Warga Tunjungan Blora Divaksin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat