androidvodic.com

Anggota DPRD Kabupaten Bogor Akan Ajukan Judicial Review ke MK Terkait Pemekaran Bogor Timur - News

News, BOGOR- Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor Beben Suhendar mengatakan akan mengajukan juidical review terkait pemekaran Bogor Timur.

Anggota dari Fraksi Gerindra itu mengatakan Kabupaten Bogor harus diberi pemekaran yakni Bogor Timur.

Baca juga: Kemendagri: Keberhasilan Pemekaran Papua Barat Jadi Faktor Pendukung Pemekaran Papua

"Saya lagi bicarakan juga dengan ketum, bila perlu kita gugat presiden, kenapa hanya Papua yang dibuka untuk pemekaran," ucapnya kepada TribunnewsBogor.com, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/7/2022).

Ia berharap, terkait dengan pemekaran Bogor Timur, pemerintah akan segera membuka keran yang berkaitan dengan moratorium, sehingga tidak kembali terulang seperti sebelumnya.

Menurutnya, semua Daerah Otonomi Baru (DOB) berlomba-lomba membuat pemekaran tanpa dilihat kajiannya SDM dan pendapatan hasil daerahnya terlebih dahulu.

Beben Suhendar mengungkapkan bahwa akibat dari tidak dilihatnya kajian itu menjadikan hal tersebut booming dikarenakan adanya karena kekuasaan tertinggi.

"Yang penting mekar mekar mekar, tidak diimbangi dengan kemampuan, akibatnya APBN kan yang jebol keluarlah moratorium, sekarang harus dikaji," tegasnya.

Pemekaran wilayah ini, menurutnya dilakukan bagi daerah yang benar-benar mampu secara finansial.

Baca juga: MPR Harap Pemekaran Papua Kian Kokohkan Bumi Cenderawasih di Tanah NKRI  

Wilayah yang mampu tersebut, kata Beben Suhendar harus diutamakan, yang di mana Bogor Timur merupakan bagian dari salah satunya.

Beben Suhendar mengaku bahwa saat ini posisinya (pemberkasannya) ada di Kemendagri.

"Posisi kita yang sama-sama merasa orang Bogor Timur bagaimana caranya Mendagri yang sedang menunggu moratorium dicabut oleh presiden,"

Saat ini, terkait pemekaran wilayah tersebut sedang dikoordinasikan dan dibahas lebih lanjut bersama lawyer.

Baca juga: Apa Alasan Pemekaran Provinsi Papua Menjadi Tiga Provinsi Baru?

"Kita kan meminta pemekaran itu dijamin oleh perundang-undangan," katanya.

Ia pun meminta pada kasus ini agar pemerintah tidak hanya membuka untuk wilayah provinsi saja.

Beben Suhendar menambahkan bahwa dirinya masih mempertanyakan akan pemekaran wilayah ini, yang di mana wilayah Bogor Timur masih belum direspon.

"Kan Indonesia luas bukan hanya di Papua, kenapa Papua bisa kita ngga, tanyakan ke publik dong, kenapa Bogor timur belum juga direspon, Bogor timur harus cerai dengan kabupaten Bogor," pungkasnya.

Penulis: Reynaldi Andrian Pamungkas

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul DPRD Kabupaten Bogor Akan Gugat Jokowi ke MK Terkait Pemekaran Wilayah Bogor Timur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat