androidvodic.com

Asosiasi Angkutan Labuan Bajo Mengaku Ditekan Ikut Aksi Tolak Kenaikan Tarif Taman Nasional Komodo - News

News, LABUAN BAJO - Asosiasi Angkutan Wisata Darat (Awstar) disebutkan meminta maaf dan tidak akan melakukan aksi mogok massal di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur.

Video permintaan maaf yang terdiri dari dua bagian itu diunggah pada Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Kantor Imigrasi Labuan Bajo Deportasi Warga Negara Bulgaria

Video masing-masing berdurasi 25 detik dan 2.03 detik menunjukkan anggota Awstar Labuan Bajo yang meminta maaf dan tidak melakukan aksi mogok massal di Labuan Bajo

Sebelumnya, aksi mogok dilakukan pelaku pariwisata yang tergabung dalam Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata Manggarai Barat (Formapp Mabar ) memprotes kenaikan tarif masuk Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Pulau Padar dan perairan sekitarnya yang ditetapkan sebesar Rp 3,75 juta. 

Dalam video berdurasi 25 detik, anggota Awstar Labuan Bajo menyatakan sebagai perwakilan jasa angkutan umum di Labuan Bajo meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi beberapa hari terakhir ini. 

"Kami mengimbau kepada rekan-rekan lainnya untuk tetap beroperasi seperti biasanya dan kami mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium," kata anggota Awstar Labuan Bajo. 

Selanjutnya, pada video berdurasi 2.03 detik, pernyataan sikap dibaca oleh Ketua Awstar Labuan Bajo Kristoforus B. 

Kristoforus yang didampingi pengurus organisasi menyatakan lima poin.

Baca juga: 6.000 Orang Tandatangani Petisi Penolakan Kenaikan Tarif Masuk ke Taman Nasional Komodo

Pertama berjanji tidak melakukan aksi demonstrasi atau aksi mogok yang bertentangan dengan hukum.

Kedua, selama ini, pihaknya berpartisipasi dalam gerakan unjuk rasa atas tekanan dari Formapp Mabar yaitu saudara Rafael Todowela. 

Asosiasi Angkutan Wisata Darat (Awstar) disebutkan meminta maaf dan tidak akan melakukan aksi mogok massa di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur.
Asosiasi Angkutan Wisata Darat (Awstar) disebutkan meminta maaf dan tidak akan melakukan aksi mogok massa di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur. (POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA)

Ketiga, dengan adanya surat ini, pihaknya dengan sadar dan tekanan siapapun agar mengundurkan diri dari segala bentuk aksi yang ada di dalam Formapp Mabar.

Baca juga: Demo Tolak Kenaikan Tiket TN Komodo: 1 Tersangka Ditahan, 42 Diamankan, Sejumlah Pendemo Luka-luka

Keempat, penandatanganan MoU yang dilakukannya sebagai ketua organisasi atas dasar tekanan Formapp Mabar dalam hal ini Rafael Todowela 

Kelima, sejak dikeluarkannya surat ini, pihak Awstar akan kembali melayani wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo Atau wilayah Mabar seperti sedia kala. 

Sementara Juru Bicara Awstar Labuan Bajo, John Daniel dikonfirmasi membenarkan dua video yang beredar tersebut. 

Baca juga: Pendemo Kenaikan Tiket Taman Komodo Jadi Tersangka, Begini Kata Anggota DPRD Manggarai Barat

"Benar," katanya saat dihubungi per telepon. 

Lokasi pengambilan video dilakukan di Labuan Bajo, tepatnya di Mapolres Mabar. 

"Untuk menjaga stabilitas pariwisata di Labuan Bajo," katanya. (*)

Penulis: Gecio Viana

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Beredar Video Awstar Labuan Bajo Mohon Maaf dan Tidak Mogok Massal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat