androidvodic.com

Desa Sentra Ikan Gabus di Katingan Kalteng Segera Nikmati Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Surya - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - PT Arya Watala Capital (Watala) dan PT Rimba Makmur Utama (RMU) berkolaborasi untuk pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan pilot project di Desa Tampelas, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Pengadaan PLTS ini merupakan bagian dari implementasi konsep Kawasan Ekonomi Restoratif, yakni kawasan dimana kegiatan ekonomi dan keberlangsungan fungsi alam serta budaya dapat saling memulihkan dan memperkuat satu sama lain.

Penandatanganan kerja sama telah dilakukan oleh CEO dan pendiri Watala Mada Ayu Habsari dan CEO RMU Dharsono Hartono di Jakarta belum lama ini.

Mada Ayu Habsari mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan potensi kelistrikan desa, utamanya lokasi-lokasi yang sulit dijangkau, agar seluruh masyarakat Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan energi bersih diawali di Desa Tampelas.

Baca juga: Tarif Listrik Naik, PLTS Atap Jadi Makin Menarik Digunakan

"Karena belum terjangkau oleh jaringan listrik dari PLN, saat ini warga Desa Tampelas memperoleh pasokan listrik mereka dari genset komunal sebagai pembangkit listrik terpusat, yang hanya dioperasikan dari pukul 17.00 hingga pukul 00.00, dan genset pribadi untuk kegiatan produktif di siang hari," kata Mada dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Chief Operating Officer RMU Rezal Kusumaatmadja mengatakan, RMU mempunyai misi untuk mengembangkan ekonomi restoratif di desa-desa di sekeliling kawasan konservasi hutan gambut yang dikelola.

Untuk mengoptimalkan potensi ekonomi di suatu tempat, diperlukan infrastruktur yang mendukung, antara lain pasokan listrik yang memadai.

"Ini yang menggerakkan kami untuk bekerjasama dengan Watala untuk pengadaan sumber energi listrik yang terbarukan, dimulai dengan Desa Tampelas yang merupakan pilot project kami untuk pengembangan kawasan ekonomi restoratif di desa-desa di sekitar KMP.

Desa Tampelas adalah salah satu dari 35 desa mitra RMU dalam program pemberdayaan masyarakat yang menjadi bagian dari Katingan Mentaya Project (KMP) yang mereka kelola.

Pengadaan PLTS ini juga sejalan dengan misi kami untuk menggunakan energi bersih di fasilitas-fasilitas RMU, untuk menjaga wilayah KMP dan sekelilingnya dari polusi yang dihasilkan dari pembangkitan fosil," katanya.

Rezal lebih lanjut memaparkan bahwa Desa Tampelas dengan jumlah penduduk 393 orang ditetapkan sebagai desa percobaan untuk program ini karena tingginya potensi yang ada di desa itu, salah satunya budidaya ikan gabus yang banyak mengandung albumin.

Baca juga: Kementerian ESDM Evaluasi Pelaksanaan PLTS Atap Tidak Harus Merevisi Peraturan Menteri

Albumin ikan gabus dikenal sebagai zat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dan bisa menjadi potensi pengembangan ekonomi bagi masyarakat desa Tampelas.

"Untuk pengelolaan industri albumin, dibutuhkan pasokan listrik yang cukup dan konsisten. Dengan adanya PLTS nantinya, hal ini dapat tercukupi."

"Selain itu, pasokan listrik yang memadai juga akan sangat membantu pengembangan potensi perekonomian lain yang sudah ada di desa, seperti peternakan burung walet, bengkel, warung internet dan lain-lain, serta meningkatkan kualitas hidup masyakarat secara umum," kata Rezal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat