androidvodic.com

Jenazah WNA yang Jatuh di Gunung Rinjani Belum Berhasil Dievakuasi - News

Laporan Wartawan Tribunlombok.com, Ahmad Wawan Sugandika

News, LOMBOK TIMUR - Hingga Jumat (19/8/2022) sore, jenazah WNA kelahiran Israel, Boaz Bar Anam yang jatuh di Gunung Rinjani belum berhasil dievakuasi.

Tim gabungan dari TNGR, Basarnas Mataram, Tim SAR Lotim, BPBD Lotim, EMHC, Damkar, KUN mengalami berbagai kendala dalam upaya untuk menjemput korban.

"Tetap namanya kita berusaha, segala kemungkinan kita upayakan, proses evakuasi tetap berjalan, kalau dimungkinkan hari ini, kita siap melakukan dengan peralatan yang ada," kata Kasatgas Kordinator Perlindungan dan Pengamanan BTNGR Daniel Rosang kepada TribunLombok.com, Sabtu (20/8/2022).

"Kita optimistis kalau bisa hari ini dengan standar kondisi cuaca, alam dan perlengkapan," lanjutnya.

Baca juga: Profil Gunung Rinjani, Salah Satu Gunung Tertinggi di Indonesia yang Jadi Seven Summit Indonesia

Daniel Rosang menjelaskan, di balik optimisme tersebut segala kemungkinan bisa terjadi, dan skenario terburuknya adalah waktu proses evakuasi bisa saja diundur.

"Kita boleh saja optimis, namun melihat kondisi bisa saja diundurkan, bukan ditunda, namun diundurkan," jelasnya.

Sementara itu Kepala Resort TNGR Sembalun, Taufikurrahma menyampaikan, proses evakuasi sedang berjalan, namun pihaknya belum bisa melakukan asesmen.

"Pertama kita belum bisa melakukan asesmen, di mana tim ini belum di puncak, tim mulai berangkat jam dua siang tadi," terangnya.

Namun ia kembali menegaskan, segala upaya telah dilakukan.

Tim evakuasi sendiri sebelumnya telah dikerahkan sebanyak 34 Tim Pendahulu, disusul dengan tim kedua sebanyak 10 orang yang naik hari ini.

"Total tim evakuasi yang dikerahkan hari ini sebanyak 44 orang," ucapnya.

"Kita harapkan proses evakuasi hari ini tidak terkendala apapun, dan harapan kita proses evakuasi korban bisa terlaksana secepatnya," ujarnya.

Korban Sempat Selfie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat