androidvodic.com

Kabupaten Trenggalek Raih Penghargaan Daerah Tertib Ukur dari Kemendag - News

News, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima penghargaan daerah tertib ukur 2021 dari Kementerian Perdagangan.

Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Samarinda, Rabu (31/8/2022).

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, Kabupaten Trenggalek memang berkomitmen untuk menjalankan tertib ukur di wilayahnya. Tujuannya, untuk meningkatkan perlindungan dan kepastian hukum bagi konsumen.

"Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek, terima kasih atas kerja sama berbagai pihak selama ini," kata Bupati yang akrab disapa Mas Ipin itu, Jumat (2/9/2022).

Penghargaan daerah tertib ukur itu diberikan kepada Kabupaten Trenggalek karena beberapa alasan.

Kemendag menganggap, Kabupaten Trenggalek mampu mencapai outcome tertib ukur dengan berbagai indikator yang memenuhi ketentuan. Selain itu, kelembagaan unit metrologi legal dan unit kerja pengawasan kemetrologian di Trenggalek dianggap baik.

Kabupaten di pesisir selatan Jawa Timur itu juga tergolong daerah yang patuh melaporkan pelayanan tera ulang. Petugas di daerah juga disebut mampu meningkatkan pemahaman soal metrologi legal kepada masyarakat.

Terakhir, inovasi Kabupaten Trenggalek terkait kebijakan dan pelayanan kemetrologian juga dianggap menarik, transparan, dan akuntabel.

Mas Ipin meminta, para pegawai tak lekas puas dengan penghargaan yang diraih. Ia meminta agar penghargaan itu bisa menjadi pelecut agar pelayanan kepada masyarakat bakal lebih baik.

"Ini supaya agar ada kepastian bagi pelaku usaha terhadap barang yang ditransaksikan. Sehingga pembeli dan penjual bisa puas saat bertransaksi. Tentu dengan semua itu, ekonomi di Trenggalek bisa semakin baik dan meningkat," pungkasnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek Agoes Setiono menambahkan, Trenggalek menjadi satu dari dua daerah di Jawa Timur yang menerima penghargaan serupa dari Kemendag.

Di bidang metrologi, Kabupaten Trenggalek juga punya prestasi lain yang cukup membanggakan. Salah satu siswa sekolah menengah pertama di Trenggalek berhasil meraih juara pertama olimpiade metrologi tingkat nasional yang digelar dalam rangka Hari Metrologi Sedunia 2022.

"Kami turut berbangga atas prestasi siswa tersebut, di mana kami juga turut mendampingi, membimbing dan menyosialisasikan kepada siswa dalam keikutsertaan olimpiade itu," kata Agoes. (fla)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat