androidvodic.com

Didemo Warga Terkait Kenaikan Harga BBM, Gubernur Edy Rahmayadi Janji Sampaikan Aspirasi - News

News, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berjanji akan menyampaikan aspirasi warga yang menggelar aksi unjuk rasa menuntut pembatalan kenaikan harga BBM.

Aksi penolakan kenaikan harga BBM digelar massa aksi dari Forum Umat Islam (FUI) di depan kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Bakar Spanduk di Depan Aparat Kepolisian, Mahasiswa Pedemo Tolak Kenaikan Harga BBM Bubarkan Diri

Edy Rahmayadi kemudian menaiki mobil komando pengunjuk rasa dan menyampaikan akan menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah pusat.

Edy juga mengatakan akan mencari tahu terlebih dahulu penyebab naiknya harga BBM.

"Nanti akan saya sampaikan (ke pemerintah) tapi harus kita kaji. Kita juga tak bisa terus terlalu mendikte kita pengin tau kenapa naik, kalau naik berarti ada sesuatunya, kalau naik tidak ada sesuatunya berarti salah ini yang harus kita kaji dan koordinasiakan sama-sama," katanya.

Mantan Pangkostrad itu juga menyebut untuk sementara waktu pihaknya akan mengalihkan anggaran-anggaran pemerintah membantu masyarakat terdampak kenaikan BBM.

"Ini yang tadi saya laporkan pada DPRD untuk langkah-langkahnya. Kebijakan-kebijakan yang menggunakan dana harus menjadi satu perhatian kita, dana (perjalanan) dinas, dana rapat dan dana yang lain, ini kita himpun untuk membantu keperluan masyarakat," ucapnya.

Selain itu, Edy juga mengaku akan bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk mencari solusi di tengah banyaknya penolakan terhadap kenaikan BBM.

Baca juga: Ratusan Warga Kota Baubau Sulawesi Tenggara Harus Antre 3 Jam Cairkan BLT BBM

"Kedua kita akan memberikan masukan kepada pemerintah pusat soal langkah-langkah apa sehingga kita kolaborasi penyerapan dana baik Dana Anggaran Khusus atau DAK dan Dana Anggaran Umum DAU untuk bersama-sama kita lakukan," tuturnya.

Menurut Edy, kenaikan harga BBM akan semakin mempersulit kehidupan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

"Rakyat yang terdampak pastinya yang menengah ke bawah ini (solusi) bisa sedikit tidak menjadikan dampak negatif yang membuat mereka semakin sulit," pungkasnya.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Edy Rahmayadi Temui Pendemo, Sebut Akan Cari Tahu Alasan Pemerintah Pusat Naikkan Harga BBM

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat