androidvodic.com

Bantuan Belum Cair, Emak-emak Gelar Demo di Kantor Gubernur Sumatera Selatan - News

News, PALEMBANG - Minta harga sembako diturunkan, emak-emak gelar aksi unjuk rasa di kantor gubernur Sumatera Selatan, Palembang, Kamis (22/9/22).

Emak-emak saat demo kali ini juga menuntut agar pemerintah segera mencairkan bantuan gubernur.

Baca juga: Ibu Negara Iriana Jokowi akan Serahkan Bantuan Sembako di Sragen

"Sampai hari ini Gubernur Sumsel belum mengucurkan anggaran untuk bantuan ke masyarakat," kata Koordinator Aksi Fini saat memberikan orasi di depan Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, ada beberapa tuntutan emak-emak seperti menuntut turunkan harga sembako dan segera saluran bantuan Gubernur Sumsel untuk emak-emak.

Kenaikan BBM membebani masyarakat, karena dampaknya kenaikan harga BBM menjadi naiknya harga kebutuhan pokok.

Inflasi yang terjadi menyakitkan masyarakat, sedang apresiasi pemerintah sangat kecil untuk mengantisipasi dari kenaikan harga barang.

Menutut Pemkot dan Pemprov harus segera mengalokasikan dan menyalurkan dana bantuan kepada masyarakat.

Stimulus ekonomi berdasarkan Pemerintah pusat hanya 2 persen dari dana DAU dan DBH sangat kecil, harusnya 10 persen. Agar dapat mencegah resiko inflansi karena dapat mendorong daya beli masyarakat di Sumsel.

Baca juga: Sambangi Korban Kebakaran di Simprug Jakarta Selatan, Korlantas Polri Bagikan Paket Sembako

Sementara itu Maya Ibu RT 05 di Keramasan yang turut ikut aksi mengatakan, sebagai RT sering didatangi warga yang menanyakan kapan bantuan dari Gubernur Sumsel akan disalurkan.

"Siang malam banyak warga mengadu ke saya, belum mendapatkan bantuan.
Saya sendiri belum tahu kapan bantuan dari Gubernur Sumsel akan disalurkan," ungkapnya

Sedangkan Edward Candra, Asisten I Setda Provinsi Sumsel mengatakan, bantuan dari Pemda menggunakan dana transfer umum (DTU) dengan nilai 2 persen masih dalam tahap pembahasan.

"Nilainya kisaran Rp 15 miliar - Rp 20 miliar. Masih dibahas nilai dan sasaran penerima bantuannya, kita tunggu sampai akhir September untuk Pergub-nya," kata Edward.

Ia menyebut, bantuan sosial akan diberikan kepada mereka yang terdampak kenaikan BBM, seperti ojol, nelayan, emak-emak dan lainnya.

Baca juga: Konsumsi BBM Subsidi Alami Penurunan Hingga 13 Persen Setelah Adanya Penyesuaian Harga

"Kita siapkan dulu payung hukumnya, kemudian sesegera mungkin ditindalanjuti. Apa yang ditunggu masyarakat ini akan kita segerakan," katanya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat