androidvodic.com

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Bandung Ricuh: Polisi Tangkap 10 Mahasiswa, 2 Orang DPO - News

TRIBUNNEWS..COM, BANDUNG -  10 mahasiswa yang menggelar aksi menolak kenaikan harga BBM di Kota Bandung, Jawa Barat, ditangkap polisi, Kamis (22/9/2022).

Mereka berasal dari berbagai kampus di Kota Bandung.

Baca juga: Demo Tolak BBM, Rombongan Emak-emak Bawa Panci dan Centong

Juru bicara Aliansi Mahasiswa Jabar Menggugat (AMJM) Agung Andrian mengatakan, total ada 10 orang teman-temannya yang diamankan Polisi pascademo ricuh kemarin.

"Betul, ada 10 orang peserta aksi yang diamankan. Sementara info yang masuk ke saya, ada beberapa sudah dipulangkan. Tapi, ini masih konfirmasi lagi ke yang lainnya," ujar Agung, saat dihubungi Jumat (23/9/2022).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, selain mengamankan 10 orang mahasiswa, pihaknya juga menetapkan dua orang sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang).

Kedua orang itu, kata dia, diduga telah melakukan tindak pidana dengan melakukan provokasi sehingga massa melakukan tindakan anarkis.

Ibrahim tidak menyebutkan siapa saja identitas kedua orang DPO tersebut.

Baca juga: Ada Aksi Bela Rakyat Tolak BBM Naik, Polisi Siagakan 3.800 Personel Gabungan untuk Kawasan Jakpus

"Diamankan 10 orang dan ada 2 orang DPO tindak pidana. Dua mahasiswa itu sengaja menyuruh untuk memancing keributan dengan mendorong serta melempar batu ke arah petugas. Kita akan cari apa agenda dari orang tersebut sehingga berusaha memprovokasi situasi," ujar Ibrahim.

Ibrahim pun menyayangkan, demo menolak BBM itu berakhir ricuh dengan adanya aksi anarkis yang dilakukan oleh mahasiswa dan elemen masyarakat berpakaian hitam.

Padahal, kata dia, polisi sudah melayani massa secara humanis serta meminta massa untuk tertib.

Baca juga: Pengamat Sebut Kenaikan Harga BBM Tak akan Picu Resesi di Indonesia

"Padahal pelayanan pengamanan yang dilakukan petugas sudah sangat humanis, namun karena sudah anarkis terpaksa diambil langkah penindakan sesuai protap," ucapnya.

Penulis: Nazmi Abdurrahman

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 10 Mahasiswa Demo Ricuh di Bandung Ditangkap, Dua Orang Buron, Polda Jabar: Kami Akan Cari!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat