androidvodic.com

Polisi Tembak Narapidana yang Kabur dari Lapas Nunukan, Diamankan di Tanjung Selor - News

Laporan Wartawan Tribun Kaltara Maulana Ilhami Fawdi

News, TANJUNG SELOR - Krispin Tanyit, narapidana (napi) yang kabur dari Lembaga Pemasyarakaran atau Lapas Nunukan sejak 2021 lalu ditangkap tim Ditresnarkoba Polda Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan, Kaltara, Sabtu (8/10/2022) kemarin.

"Kami menerima informasi dari masyarakat kalau napi yang kabur dari Lapas Nunukan brada di Tanjung Selor," kata Panit Ditresnarkoba Polda Kaltara, Iptu Sunaryo, Minggu (9/10/2022).

Saat hendak ditangkap, napi yang tersangkut kasus narkoba itu mencoba melawan aparat penegak hukum sehingga menembakan timah panas ke bagian kaki Krispin Tanyit.

"Kemudian kita lakukan penyelidikan dan kita temukan yang bersangkutan di sekitar Jalan Gelatik, Tanjung Selor," ungkapnya.

Baca juga: Klarifikasi TNI AD Soal Tudingan Gusur Rumah Ibadah di Tanjung Selor Kalimantan Utara

"Waktu itu dia melakukan perlawanan jadi kami berikan tindakan tegas terukur, dan mengenai kaki dari napi itu," kata dia.

Iptu Sunaryo menjelaskan, napi tersebut langsung diserahkan ke Lapas Nunukan untuk diproses lebih lanjut.

Kepala Seksi Keamanan Lapas Klas II B Nunukan, Machfudh menyampaikan apresiasi atas langkah yang dilakukan oleh tim Ditresnarkoba Polda Kaltara.

Ia mengatakan, setelah ditangkap Krispin Tanyit masih harus menjalani sisa masa hukumannya.

"Memang ini tanggung jawab Lapas jadi kemana pun tetap akan kita cari, kita memang kerja sama dengan aparat penegak hukum untuk melakukan penangkapan," kata Machfudh.

"Dia kasus narkoba hukuman 8 tahun subsider 3 bulan, dia masuk 2018, lalu 2021 kemarin melarikan diri," katanya.

Petugas Lapas Nunukan saat mengamankan Krispin Tanyit (berbaju kuning) narapidana yang kabur dari Lapas Nunukan pada 2021 lalu, di Pelabuhan Kayan II, Tanjung Selor, Minggu (10/9/2022).(HO/IST
Petugas Lapas Nunukan saat mengamankan Krispin Tanyit (berbaju kuning) narapidana yang kabur dari Lapas Nunukan pada 2021 lalu, di Pelabuhan Kayan II, Tanjung Selor, Minggu (10/9/2022).(HO/IST (HO)

Kini, Krispin akan digelandang ke Lapas Tarakan.

"Saat ini kami bawa ke Tarakan, jadi kemungkinan besar tidak ke Nunukan, jadi kami taruh di Tarakan saja," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Napi Lapas Nunukan Kabur Akhirnya Ditangkap di Tanjung Selor, Terpaksa Ditembak saat Lawan Petugas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat