androidvodic.com

Pelanggar Lalu Lintas di Kabupaten Bogor Diberi Sanksi Baca Al Quran - News

News, CIBINONG - Pelanggar lalu lintas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan dihukum membaca kitab suci sebagai ganti tilang manual.

Apabila pelanggarnya beragama Islam, maka akan disuruh membaca Al Quran. Polres Bogor bahkan menghadirkan ustaz guna menilai apakah bacaan tersebut sudah benar.

Baca juga: Tak Ada Tilang Manual, Polantas akan Tilang Pelanggar Pakai Kamera ETLE dan ETLE Mobile

"Apabila ada pelanggaran, kita kumpulkan. Kemudian kita panggil pak ustadz," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Rabu (26/10/2022).

Selain diberi teguran, para pelanggar juga diberi ceramah oleh tokoh agama agar tidak mengulangi perbuatannya karena pelanggaran lalu lintas bisa berakibat fatal seperti kecelakaan.

"(Para pelanggar) Kita kasih pencerahan, kita kasih dakwah dari pak ustaz maupun Pak Kiai," kata Iptu Ketut Lasswarjana.

Lalu bagaimana jika petugas Satlantas Polres Bogor menemukan pelanggar yang beragama lainnya?

Ketut menjelaskan, pelanggar lalu lintas nonmuslim dikenakan tindakan sanksi serupa tapi sesuai agamanya atau diberi sanksi sosial lainnya.

Baca juga: Anggota Polisi Dilarang Tilang Manual, Bagaimana dengan Daerah yang Belum Terjangkau Kamera ETLE?

"(Pelanggar non muslim) Bisa baca kitab maupun Weda dan bisa juga nyapu atau cabut rumput," ungkap Ketut Lasswarjana.

Diketahui, di tengah pelarangan tilang manual oleh Kapolri, Satlantas Polres Bogor sementara ini juga belum menerapkan tilang elektronik atau e-Tilang di wilayah Kabupaten Bogor.

Baca juga: Kapolri Larang Polantas Tilang Manual untuk Hindari Pungli

Sebab Satlantas Polres Bogor belum memiliki kamera Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) yang merupakan alat untuk mencatat berbagai pelanggaran lalu lintas secara elektronik.

Penulis: Naufal Fauzy

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Satlantas Polres Bogor Tindak Pelanggar Lalu Lintas dengan Baca Al Quran, Kalau Non Muslim Gimana?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat