androidvodic.com

Joget Melodi Cengkeh Warnai Pembukaan Perkemahan PPKM Sail Tidore 2022 - News

News, Maluku Utara - Lantunan Melodi Cengkeh mewarnai pembukaan kegiatan perkemahan Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) dalam rangka Sail Tidore 2022, Rabu (23/11/2022).

Saat upacara pembukaan di Lapangan Open Space, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara itu selesai dilakukan, para peserta perkemahan, yakni Pramuka Saka Bahari berjoget bersama diiringi lantunan Melodi Cengkeh.

Sebanyak 272 Pramuka Saka Bahari dari berbagai provinsi di Seluruh Indonesia menari bersama seiring dengan diputarnya dawai Melodi Cengkeh.

Uniknya, para peserta yang berjoget tidak hanya mengenakan seragam kecoklatan khas Pramuka. Sejumlah peserta lainnya mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah asalnya.

Dalam pantauan News, terlihat ada pakaian adat Khas Papua, Kalimantan Barat, hingga Sumatera.

Untaian pakaian adat itu tidak menghalangi gerak mereka menari bersama menikmati alunan Melodi Cengkeh.

Tak mau kalah, Pejabat TNI Angkatan Laut hingga elemen Pemerintah Daerah turun ke lapangan berjoget bersama Pramuka Saka Bahari.

Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi Agung Slamet, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen hingga Wakil Komandan Satuan Tugas PPKM Letnan Kolonel Laut Samsul Bahari terlihat asyik berjoget saat Melodi Cengkeh dimainkan.

Para pendamping Pramuka Saka Bahari terlihat lihai menginstruksikan gerakan mengiringi Melodi Cengkeh.

Baca juga: Ratusan Peserta Sail Tidore 2022 Belajar Sejarah Maritim sambil Berlayar di KRI Teluk Palu-523

Dalam kegiatan ini, selain pejabat TNI AL dan elemen Pemerintah Daerah, hadir pula unsur Forkopimda Kota Tidore Kepulauan.

Untuk diketahui, kegiatan perkemahan Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) dalam rangka Sail Tidore 2022 resmi dibuka pada Rabu (23/11/2022).

Gelaran ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi Agung Slamet saat upacara pembukaan kegiatan perkemahan di Lapangan Open Space, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Rabu tanggal 23 November 2022 pukul 14.30 WIT, dengan ini Perkemahan PPKM Sail Tidore Tahun Anggaran 2022 Saya Nyatakan Resmi Dibuka,” ujar Laksma Agung dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 274 peserta Pramuka Saka Bahari yang merupakan binaan TNI Angkatan Laut dari 18 Provinsi di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat