androidvodic.com

Salurkan Bantuan bagi Korban Bencana Cianjur, Ini Harapan PSMTI - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar aksi sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban gempa Cianjur.

Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta mengatakan bantuan yang diberikan berupa selimut, alas tidur, masker, beras dan kebutuhan lainnya yang bersifat barang-barang.

“Hal ini kami lakukan atas dasar inisiatif PSMTI Provinsi Jawa Barat yang memprakarsai bantuan untuk warga Cianjur yang tertimpa bencana juga selanjutnya didukung oleh Jajaran DPP PSMTI Pusat," tutur Wilianto dalam keterangan yang diterima, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, PSMTI berupaya untuk tanggap dalam setiap membantu kemanusiaan.

"Dalam kesempatan ini, PSMTI berikan bantuan paket logistik dan obat-obatan juga sejumlah uang untuk tambahan perbaikan rumah warga yang hancur akibat gempa, dengan harapan dapat meringankan beban para korban masyarakat yang terdampak," kata dia.

Sementars itu, Ketua Harian PSMTI Jawa Barat sekaligus Waketum PSMTI Hukum HAM Advokasi Jawa Barat Djoni Toat menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini sebagai bentuk kepedulian dan aksi solidaritas terhadap sesama.

“Penggalangan dana ini diselenggarakan baru satu hari, yaitu hari ini dan sudah mendapatkan banyak dukungan, banyak yang ikut memberikan bantuan. Kami sangat merasa bangga karena bantuan ini didapatkan dari hasil penggalangan bersama-sama dengan etnis Tionghoa di seluruh Indonesia yang didukung penuh oleh masyarakat Tionghoa peduli Bandung," kata dia.

Baca juga: Tawa Anak-anak Korban Gempa Cianjur Ikuti Trauma Healing di Posko Bantuan BIN

Djoni mengatakan pihaknya menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja), Kejaksaan Tinggi Republik Indonesia, Kodam III Siliwangi dan Polda Jawa Barat, yang didukung oleh Presisi Polri, Direktorat Pengamanan Obyek Vital dan Pikiran Rakyat.

Djoni mengatakan bahwa bentuk-bentuk bantuan yang diberikan nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan baik itu sandang maupun pangan.

“Kami turut mendoakan semoga para korban bisa lebih tabah menghadapi cobaan ini dan mudah-mudahan kami bisa membantu sekuat tenaga sesuai harapan dan dapat berkesinambungan tidak hanya di momen saat ini saja,” jelas Djoni.

Sementara itu, Waketum Departemen Kaderisasi Johnny Situwanda, berharap apa yang dilakukan PSMTI dapat menginspirasi untuk tetap selalu membantu kepada sesama.

"Kami akan terus hadir dan peduli terhadap masyarakat di Bumi Cianjur dan akan selalu membantu masyarakat atau warga yang terkena musibah di mana pun," tandasnya.

Baca juga: Sambangi Posko Pengungsi, Ormas LMP Kirim Relawan dan Paket Bantuan kepada Korban Gempa Cianjur

Satu orang warga yang sebelumnya terdata hilang dalam musibah gempa Cianjur, ditemukan meninggal dunia oleh tim gabungan hari ini Kamis (24/11/2022). Penemuan jenazah korban dikonfirmasi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat