androidvodic.com

Pencarian Capt Pilot AKP Arif Rahman Saleh Hari Sempat Terkendala Cuaca Buruk - News

Laporan Wartawan Pos Belitung Riki Pratama

TRIBUNNNEWS.COM, BELITUNG - Sampai saat ini tim SAR gabungan masih mencari Helikopter P-1103 milik Polri  dan satu korban yakni pilot helikopter Capt Pilot AKP Arif Rahman Saleh.

Informasi terkini terkait situasi dalam pencarian helikopter terkendala cuaca yang ekstrem di perairan Bangka Belitung.

"Tetapi, menurutnya tim SAR gabungan, terus berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian terhadap satu kru Capt Pilot AKP Arif Rahman Saleh yang belum ditemukan," kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Maladi, Jumat (2/12/2022). 

Polda Babel berterimakasih kepada semua pihak, terutama intansi terkait maupun masyarakat yang turut membantu dalam proses pencarian helikopter milik polri ini.

"Pencarian ini masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan dibantu dengan nelayan sekitar. Untuk menyisir sejumlah perairan yang telah dipetakan," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Maladi, pencairan terus dipantau oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto bersama Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra dan Kakor Polairud Irjen Pol Indra Miza.

Baca juga: VIDEO 3 dari 4 Kru Helikopter yang Jatuh di Belitung Ditemukan, Polri Duga Jasad Pilot Ada di Kokpit

Diketahui, sebelumnya, satu jenazah kru helikopter NBO 105 milik Baharkam Polri yang jatuh di pelairan Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, Aiptu Anumerta Joko Mudo dipulangkan pada, Jumat (2/11/2022) pagi.

Upacara pemulangan dipimpin langsung Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra di Base OPS Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan.

Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra melalui Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Maladi, mengatakan, jenazah Aiptu Joko Mudo diberangkatkan dari Bandara Hanandjoeddin ke Mako Ditpoludara Pondok Cabe, Jakarta menggunakan pesawat milik polri.

"Kemudian rencanannya akan dilaksanakan juga upacara pelepasan dari dinas ke kekeluarga di Mako Ditpoludara," kata Maladi kepada Bangkapos.com, Jumat (2/12/2022) di Mapolda Babel.

Sementara itu, kata Maladi, jenazah Aiptu Anumerta Joko Mudo, merupakan kru helikopter NBO-105/P-1103 yang lost contact di perairan pulau Belitung pada Minggu 27 November 2022 lalu, ia mendapatkan kenaikan pangkat dari Aipda menjadi Aiptu.

"Jenazah Joko Mudo ditemukan Selasa 29 November 2022 sekitar pukul 23.00 WIB, di lokasi Karang Sewa. Kurang lebih 15 mill ke arah timur dari Pulau Bukulimau atau 4 jam dari ASDP Manggar, oleh nelayan bagan asal Tanjung Binga, Kabupaten Belitung," lanjutnya.

Maladi menyampaikan informasi lainnya, yakni satu jenazah Capt Pilot Helikopter NBO 105 AKP Arif Rahman Saleh, yang hingga kini belum ditemukan oleh tim SAR gabungan.

"Hari ini Jumat sudah memasuki hari ke enam pencarian helikopter milik polri. Pencarian masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan dibantu dengan nelayan sekitar. Sampai sekarang upaya pencarian terus dipantau oleh Kabaharkam Polri, kapolda dan kakorpolairud di posko yang ada di Kabupaten Belitung Timur untuk pencarian kru lainnya," terangnya.

Maladi menegaskan, segala upaya telah dilakukan tim SAR gabungan untuk dapat menemukan satu kru helikopter NBO 105 milik Baharkam Polri, dengan menyisir sejumlah titik perairan yang telah ditentukan.

"Jadi ada analisa dan evaluasi (anev) dilakukan oleh tim, sekarang ini rencana pencarian telah dilakukan, sebelum memulai melakukan pencarian dan menyisir perairan," ucapnya. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

 Artikel ini telah tayang di PosBelitung.co dengan judul Pencarian Pilot Helikopter Polri AKP Arif Rahman Saleh Terkendala Cuaca Ekstrem

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat