androidvodic.com

Material Longsor yang Tutupi Akses Jalan Raya Nasional Sukabumi Palabuhanratu Berhasil Dievakuasi - News

News, SUKABUMI - Longsor yang menutup Jalan Raya Nasional III Sukabumi Palabuhanratu di Kampung Cikananga, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berhasil dievakuasi.

Longsor terjadi sekitar pukul 21.30 WIB tadi malam.

Baca juga: Bocah Umur 8 Tahun di Purwakarta Tewas Tertimbun Tanah Longsor

Material longsor berhasil dievakuasi sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (13/12/2022).

Saat ini, arus lalu lintas kedua arah yang sebelumnya mengalami kemacetan panjang kembali lancar.

Pantauan Tribunjabar.id, petugas Damkar terlihat melakukan penyemprotan jalan, menyingkirkan sisa lumpur di jalan raya agar aman dilalui pengendara.

Saat ini, alat berat masih membersihkan material longsor yang masih ada di pinggir dan tebing jalan.

TNI Turunkan Alat Berat

Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi menurunkan satu unit alat berat beko untuk membantu evakuasi material longsor yang menutup Jalan Raya Nasional III Sukabumi - Palabuhanratu di Kampung Cikananga, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (13/12/2022).

Danramil 2202 Palabuhanratu, Kapten Inf M. Sulaeman mengatakan, Kodim menurunkan alat berat setelah melihat kondisi alat berat milik PUPR mogok, yang menghambat evakuasi material longsor.

Baca juga: 34 Tewas Setelah Bus Tertimpa Tanah Longsor Perbukitan di Kolombia

"Kami dari malam sudah berkoordinasi dengan intansi pemerintah lain dari Pemda atau pun dari kepolisian, akan tetapi tadi malam itu ada hambatan beko dari Pemda ada kendala, sehingga kami melaporkan ke komando atas yaitu ke Dandim, kemudian perintah dari Dandim supaya menurunkan beko dari Kodim, alhamdulillah pagi ini beko dari Kodim sedang beroperasi," ujarnya di lokasi.

 
Ia mengatakan, pihaknya bersama intansi lain berupaya secepatnya mengevakuasi material longsor agar jalan raya bisa kembali dilalui. Karena akibat peristiwa ini arus lalu lintas jalur utama Sukabumi - Palabuhanratu menjadi lumpuh lebih dari 6 jam.

"Untuk lalu lintas untuk sementara di setop karena ini belum clear, insya Allah mungkin estimasi 1, 2 jam kedepan ini bisa terealisasi (jalan bisa dilalui)," ucapnya.

Macet 12 Jam

Kekesalan diungkapkan salah seorang pengendara yang terjebak macet sekitar 12 jam akibat longsor menutup Jalan Raya Nasional III Sukabumi Palabuhanratu di Kampung Cikananga, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca juga: Kesaksian Tetangga Lihat Mang Odin Bersama Putranya Tertimbun Longsor Ketika Gempa Guncang Cianjur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat