androidvodic.com

Gempa Bumi di Lhokseumawe Subuh Tadi Dipicu Aktivitas Sesar - News

Laporan Serambi Indonesia Saiful Bahri 

News, LHOKSEUMAWE - Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh kembali digoyang gempa, Selasa (3/1/2023) jelang subuh tadi atau sekitar pukul 04.39.23 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara menginformasikan, gempa berkekuatan Mag:4.3, Lok:5.49 LU,96.98 BT (37 km Barat Laut Kota Lhokseumawe Aceh), dengan kedalaman 2 Km dirasakan II-III MMI di Kabupaten Aceh Utara.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Malikussaleh Aceh Utara Siswanto menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Lhokseumawe.

Dampak yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Aceh Utara dengan Skala Intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca juga: Dalam Waktu 6 Jam, Tujuh Gempa Bumi Terjadi di Wilayah Indonesia mulai Aceh hingga Donggala

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Dijelaskan Siswanto, gempa bumi ini adalah gempa bumi susulan dari gempa bumi Lhokseumawe M =4.9 pada 2 Januari 2023.

Dengan kejadian ini, Siswanto memgimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat diminta memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Untuk diketahui, pada Senin (2/1/2023) sekitar pukul 17.40.02 WIB sore kemarin, Lhokseumawe digoyang gempa dengan kekuatan Mag:4.9 SR, berokasi di 5.41 LU,96.99 BT (29 km Barat Laut Kota Lhokseumawe, Aceh), dengan kedalaman 10 Km.

Lalu beberapa jam kemudian, atau tepatnya pada pukul 19.44.43 WIB malam, kembali terjadi gempa berkuatan Mag:3.1 SR, di lokasi 5.52 LU,96.94 BT (42 km BaratLaut Kota Lhokseumawe, Aceh) dengan kedalaman 1 Km.

Sedangkan informasi terkini, pada Selasa jelamg subuh tadi, kembali terjadi gempa dengan kekuatan Mag:4.3, Lok:5.49 LU,96.98 BT (37 km Barat Laut Kota Lhokseumawe Aceh), dengan kedalaman 2 Km Dirasakan II-III MMI di Kabupaten Aceh Utara.(*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul BMKG Minta Masyarakat Tetap Tenang terkait Gempa Guncang Lhokseumawe Subuh Tad

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat