androidvodic.com

Hilang Kontak Sejak Sepuluh Hari Lalu di Perairan Indramayu, Nasib 10 ABK KM Hosanna Tak Diketahui - News

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

News, INDRAMAYU - Kapal Motor (KM) Hosanna yang membawa 10 anak buah kapal (ABK)  dilaporkan hilang di perairan Indramayu, Jawa Barat.

Informasi hilangnya KM Hosanna ini diketahui berdasarkan laporan dari Basarnas Bandung per tanggal 5 Januari 2023.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril mengatakan, musibah pelayaran yang menimpa KM Hosanna ini diketahui terjadi pada 1 Januari 2023 sekitar pukul 08.30 WIB.

"Hilangnya KM Hosanna dilaporkan pada Minggu (1/1/2023) oleh pemiliknya melalui Basarnas Comand Center (BCC)," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (6/1/2023).

Berita hilang kontaknya KM Hasonna ini terjadi pada 24 Desember 2022 di sekitaran perairan Indramayu dengan memuat sebanyak 10 orang.

Baca juga: Rumah Tidak Layak Huni Berusia 100 Tahun Milik Lansia di Indramayu Roboh: Belum Pernah Direnovasi

Jumaril menyebut titik perairan Indramayu tersebut adalah lokasi terakhir kapal berkomunikasi dengan pemiliknya, sedangkan untuk lokasi pasti tenggelamnya kapal belum bisa dipastikan.

Mengingat, alat komunikasi yang minim, KM Hasonna juga tidak memiliki EPIRB.

Kantor SAR Bandung juga belum mengetahui apakah ada radio komunikasi, begitu juga HP satelit.

"Rentang waktu mereka melapor ke Basarnas juga sangat lama karena baru dilaporkan tanggal 1 Januari," ujar dia.

Meski demikian, pihaknya tetap akan melalukan upaya pemantauan dengan pemapelan dan memberikan informasi kepada para nelayan yang melintas di perairan Indramayu, Cirebon, dan Subang.

"Kami meminta agar melaksanakan pemantauan dan jika menemukan tanda tanda penemuan agar melaporkan ke Kantor SAR Bandung," ujar dia.
 

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul KM Hasonna Bermuatan 10 Orang Menghilang di Perairan Indramayu, Keberadaannya Belum Diketahui

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat