androidvodic.com

Ridwan Kamil Akan Sediakan Zona PKL di Masjid Raya Al Jabbar - News

News, BANDUNG -Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan akan menyediakan tempat para pedakang kaki lima (PKL) di sekitar Masjid Raya Al Jabbar.

Sejak Sabtu (7/1/2023) penertiban mulai dilakukan terhadap PKL yang masih berjualan tidak di zona PKL.

Baca juga: Dikritik Karena Bangun Masjid Al Jabbar Pakai APBD, Ini Jawaban Ridwan Kamil

"Zona PKL itu sudah disiapkan, silakan dimanfaatkan," ujarnya.

Untuk zona PKL ini, kata Emil, pihaknya akan memprioritaskan diisi warga sekitar masjid.

"Berdagang boleh, tapi diatur dan didahulukan untuk penduduk lokal. Tapi setelah didata kebanyakan ternyata bukan penduduk lokal. PKL yang dadakan datang dari mana-mana," ujar Kang Emil.

Ia berharap, pengunjung Masjid Raya Al Jabbar dapat selalu menjaga kebersihan, ketertiban, dan mengutamakan kegiatan ibadah sebelum aktivitas lainnya.

"Imbauan kepada warga, mari jaga kebersihan dan ketertiban. Ingat ini tempat ibadah, rumah Allah, maka salat dulu baru lainnya bukan lainnya dulu baru salat," ujarnya.

Terkait kepadatan arus lalu lintas yang masih terjadi di sekitar masjid, Kang Emil mengatakan, berbagai upaya tengah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menambah akses masuk.

Baca juga: Pembiayaan Pembangunan Masjid Al Jabbar Tuai Kritik, Ridwan Kamil Jadi Trending Twitter

"Jadi jangan semua datang dari Cimincrang, silakan datang dari Gedebage selatan," ujarnya.

Kang Emil mengatakan, perbaikan juga tengah mereka lakukan pada akses dari KM 149 Tol Purbaleunyi. 

"Jika perbaikan sudah selesai, pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat akan diarahkan akses masuknya melalui KM 149. Jadi nanti kendaraan roda empat masuknya dari tol," sebut Kang Emil.

Selain tempat beribadah, Masjid Raya Al Jabbar kini juga menjadi destinasi wisata dan edukasi yang menarik. Tak hanya museum sejarah Islam di Indonesia dan Jabar, di kompleks masjid ini juga terdapat taman-taman bertema sejarah Nabi dan Rasul yang mengeliling bangunan utama.

Masjid Al Jabbar juga memiliki interior dan artwork yang memesona dan memberikan pengalaman luar biasa kepada pengunjung. Salah satunya, simbol identitas 27 kabupaten/kota yang melekat di pintu-pintu masjid. 

Baca juga: Masjid Al Jabbar Jadi Tempat Berenang Anak-anak dan Banyak Sampah Berserakan, Ini Kata Ridwan Kamil

Menurut Kang Emil, simbol tersebut tidak hanya menggambarkan identitas Provinsi Jabar, tetapi juga bertujuan agar seluruh masyarakat Jabar merasa dekat dengan Masjid Al Jabbar meski berlokasi di Kota Bandung. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat