androidvodic.com

Tindak Tegas KKB di Papua, Kapolri Konsultasi Komnas HAM - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri berkoordinasi intensif dengan Komnas HAM terkait penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan upaya penanganan aksi teror KKB berjalan secara proporsional.

Hal ini disampaikan Listyo mendampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat berada di Makodam XVII Cenderawasih, Senin (9/1/2023).

"Tentu sering berkoordinasi dengan teman-teman Komnas HAM yang ada baik di pusat maupun yang ada di Papua.

Untuk memastikan bahwa langkah yang kami lakukan betul-betul bisa proporsional," kata Listyo dikutip dari Kompas TV.

Baca juga: Soal Aksi Teror KKB di Papua, Panglima TNI: Kita akan Tindak Tegas Tapi Terukur

Listyo berharap koordinasi dan konsultasi yang dilakukan Polri dengan Komnas HAM dapat membuat proses tindakan penegakan hukum tepat sasaran, sekaligus tidak berdampak pada konflik horizontal di tengah masyarakat Bumi Cenderawasih.

"Tentunya kita akan proses supaya ke depan tindakan penegakan hukum yang kita lakukan bisa tepat sasaran dan tidak berdampak ke masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan membakar bangunan sekolah SMK Negeri Oksibil di Pegunungan Bintang Papua.

KKB juga melakukan aksi teror dengan menembaki pesawat logistik milik Trigana Air Ikaros nomor registrasi PK HVV yang terbang dari Boven Digoel dengan tujuan Oksibil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat