androidvodic.com

5 Ruas Tol di Sumatera Akan Rampung Tahun Ini: Di Sumut Tol Indrapura-Kisaran dan Binjai-Langsa - News

News, MEDAN - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan lima ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) rampung pada tahun ini.

Dari lima ruas jalan tol itu diantaranya Tol Simpang Indralay -Muara Enim, Indrapura-Kisaran, Binjai-Langsa, Sigli-Banda Aceh, dan Tol Pekanbaru-Padang.

Adapun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) diharapkan menjadi stimulus baru yang akan meningkatkan perekonomian di Sumatera. 

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya cukup signifikan yakni rata-rata di atas 50 persen.

"Keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan yakni rata-rata di atas 50 persen,” ujarnya, Senin (23/1/2023). 

Lebih detail dikatakannya, pembangunan jalan tol Simpang Indralaya-Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya - Prabumulih) sepanjang 65 km sendiri saat ini sudah mencapai 89 persen.

Dari sisi pekerjaan struktur, pengerjaan rest area terus berjalan, sementara untuk pengerjaan pintu tol dan 1 (satu) simpang susun telah selesai digarap.

Jalan tol ini diharapkan dapat mendukung percepatan mobilitas masyarakat di wilayah Sumatera Selatan bagian Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim.

Sementara itu, untuk mendukung konektivitas sentra-sentra produksi hingga akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara dan sekitarnya, pembangunan jalan tol Indrapura-Kisaran (Seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km sudah mencapai 78 persen. 

Jalan tol ini akan dilengkapi dengan dua simpang susun dan dua gerbang tol.

Untuk Jalan Tol Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Pangkalan Brandan) sepanjang 58 km, saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 58 persen.

Jalan tol ini nantinya memiliki 3 gerbang tol, 3 simpang susun, 26 jembatan dan direncanakan memiliki 1 rest area. 

Jalan tol ini diharapkan mampu memperlancar akses menuju kawasan produktif dan destinasi wisata di wilayah Sumatera Utara.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 1,5,6) sepanjang 38 km sudah mencapai 81 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat