androidvodic.com

Kawanan Gajah Liar Masuk Areal Kebun Sawit di Kota Subulussalam - News

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Khalidin

News, SUBULUSSALAM - Kawanan gajah liar yang masuk ke areal perkebunan di Kota Subulussalam, Provinsi Aceh.

Lokasi yang didatangi gajah liar berada di areal perkebunan masyarakat Desa Bawan, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Lokasi itu berada di  berbatasan dengan Desa Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan sehingga kebun warga di sana juga terancam jadi sasaran hewan dilindungi itu.

"Gajah liar yang muncul dalam beberapa hari terakhir itu masuk dan merusak tanaman kelapa sawit milik petani di Kecamatan Sultan Daulat," kata salah seorang petani, Andong Maha, Jumat (27/1/2023).

Baca juga: Gajah Liar Obrak Abrik Puluhan Hektar Tanaman Padi di Pidie Aceh, Petani Tak Berdaya

Andong mengatakan, gajah liar itu telah masuk beberapa pekan lalu datang dalam minggu ini.

Gajah itu bahkan datang pada sore hari dan mengabaikan warga atau petani yang ada di sekitarnya.

Seperti kejadian pada Kamis (26/1/2023) kemarin, beberapa warga sempat merekam gahah yang masuk ke areal perkebunan di Desa Bawan, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Andong mengaku hingga kini gajah masih terus keluar masuk ke areal perkebunan masyarakat di Desa Bawan, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

 Aksi kawanan gajah liar itu meresahkan masyarakat lantaran memangsa tanaman kelapa sawit termasuk pernah beberapa kali merusak gubuk pekerja, sebagaimana disampaikan salah seorang pemilik kebun, Rasumin Pohan, kepada Serambinews.com, Minggu (29/5/2022) lalu.

Kala itu puluhan batang tanaman kelapa sawit milik Rasumin digasak setiap malam oleh kawanan hewan berbelalai panjang tersebut.

Bahkan menurut Rasumin, setiap malam ada 40-50 an batang tanaman kelapa sawit yang tekah berbuah pasir dimangsa gajah saat peristiwa Mei 2022 lalu.

Warga mengakui khawatir jika tidak ada tindakan dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) tanaman kelapa sawitnya yang sudah berbuah pasir terancam habis.

Dikatakan, ada juga warga yang memiliki kebun jadi sasaran gajah liar sehingga dua hektar tanaman kelapa sawitnya ludes.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat