androidvodic.com

Memonitor Dampak Gempa Bumi di 3 Kecamatan, Ini Temuan BPBD Kabupaten Lebak - News

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

News, LEBAK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Banten memonitor 3 wilayah yang masuk pusat gempa M5,2 siang tadi.

Ketiga wilayah yang menjadi pemantauan adalah Kecamatan Wanasalam, Malingping, Bayah dan sekitarnya.

Peninjauan pascagempa tersebut dilakukan untuk medeteksi dampak yang ditimbulkan gempa bumi Lebak pada Selasa (7/2/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizki Pratama, mengatakan, dari pantauan di lapangan tidak ada kerusakan akibat gempa.

Baca juga: Gempa Banten Hari Ini, Siswi SD di Sukabumi Luka Ringan setelah Kakinya Tertimpa Internit

"Alhamdulilah untuk sementara hasil monitoring di beberapa lokasi, tidak ada kerusakan, dan masyarakat juga sudah kembali beraktivitas normal seperti biasa," katanya saat dihubungi TribunBanten.com, Selasa (7/2/2023).

Diketahui getaran gempa tersebut begitu kuat, dan dirasakan di seluruh wilayah Kabupaten Lebak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak terus melakukan monitoring usai peristiwa gempa berkekuatan 5,2 magnitudo.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak terus melakukan monitoring usai peristiwa gempa berkekuatan 5,2 magnitudo. (Twitter/IinfoBMKG)

Febby mengungkapkan, selain tidak ada kerusakan akibat gempa, saat keadaan warga sudah beraktivitas normal.

"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Namun, kepada warga untuk tetap mewaspada akan potensi bencana," ujarnya.

BPBD Lebak telah menurunkan semua personel relawan untuk memberikan himbauan dan kewaspadaan kepada masyarakat yang ada di sekitar pantai.

Diketahui wilayah Lebak selatan memang menjadi langganan gempa, terutama di Kecamatan Bayah, Malingping dan Wanasalam.

Febby mengimbau kepada masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaannya, dan jangan terpengaruh dengan Informasi Hoax gempa.

Baca juga: Warga Bogor Rasakan Guncangan Gempa Banten Magnitudo 5,5: Air di Dispenser Goyang-goyang

"Masyarakat untuk tetap tenang dan waspada kala gempa bumi terjadi. Ambil tindakan sesuai dengan mitigasi gempa bumi. Jangan termakan isu liar di luaran," katanya.

Dirinya menambahkan saat ini relawan di setiap kecamatan tengah melakukan penyisiran dan pendataan terhadap dampak yang ditimbulkan.

"Relawan masih bergerak untuk melakukan pendataan. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan," ucapnya.

 
Artikel ini telah tayang di TribunBanten.com dengan judul Usai Gempa Lebak Berkekuatan 5,2 Magnitudo, BPBD: Belum Temukan Kerusakan Bangunan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat